Prosiding KONSTELASI Vol. 2 No. Juni 2025 Pengembangan Aplikasi KelolaKu Dengan Penerapan Metode SARIMA untuk Optimasi Peramalan dan Pengelolaan Data Ramadian Ilham Wiguna1. W B T Handaya2. T D Indriasari3 Program Studi Informatika. Universitas Atma Jaya Yogyakarta E-mail: ramadianilham15@gmail. com1, wilfridus. handaya@uajy. indriasari@uajy. Abstrak. KelolaKu adalah aplikasi yang dirancang untuk pengelolaan barang inventaris dan non-inventaris dengan fokus pada optimasi peramalan dan pengelolaan data aset. Aplikasi ini memanfaatkan metode SARIMA (Seasonal AutoRegressive Integrated Moving Averag. dalam proses peramalan untuk meningkatkan akurasi pengelolaan data. Metodologi yang digunakan mencakup analisis data historis dan penerapan metode SARIMA, yang bertujuan untuk mendukung aktivitas Bidang Layanan dan Operasional TI dalam pengelolaan aset, pengiriman aset ke unit wilayah, serta pembuatan formulir BPBI. Dengan implementasi KelolaKu, diharapkan efisiensi dan efektivitas dalam pengelolaan aset dapat meningkat secara signifikan. Kata kunci: Invetaris. Pengelolaan Data. SARIMA. Peramalan data. Abstract. KelolaKu is an application designed for the management of inventory and noninventory items, focusing on optimizing forecasting and asset data management. This application utilizes the SARIMA (Seasonal AutoRegressive Integrated Moving Averag. method in the forecasting process to enhance the accuracy of data management. The methodology employed includes the analysis of historical data and the application of the SARIMA method, aimed at supporting the activities of the IT Services and Operations Division in asset management, asset delivery to regional units, and the creation of BPBI forms. With the implementation of KelolaKu, it is expected that the efficiency and effectiveness of asset management can significantly improve. Keywords: Inventory. Data Management. SARIMA. Data Forecasting. Pendahuluan Teknologi terus berkembang secara pesat dan menjadi hal yang mendominasi di masa sekarang. Teknologi memberikan manfaat bagi umat manusia dalam mendukung segala aktivitas. Teknologi tidak terlepas dari kehidupan manusia sehari-hari. Salah satu sektor yang merasakan dampak besar dari kemajuan teknologi ini adalah pertambangan. Dalam konteks ini perusahaan pertambangan memerlukan divisi khusus untuk mengelola dan memastikan kelancaran penggunaan teknologi, yaitu Divisi Teknologi Informasi (TI). Divisi TI memiliki tanggung jawab untuk memelihara, menjaga, dan mengembangkan sistem teknologi perusahaan, termasuk peningkatan kinerja komputer, perangkat lunak, dan jaringan. Bidang Layanan dan Operasional TI bertugas menjaga aset TI perusahaan, namun saat ini pencatatan aktivitas pemeliharaan dilakukan secara manual, yang berpotensi menyebabkan kesalahan dan ketidakakuratan. Proses ini melibatkan pembuatan formulir BPBI (Bukti Pemindahan Barang Inventari. untuk mendokumentasikan distribusi aset, yang sering kali mengalami masalah dalam pelacakan dan Prosiding KONSTELASI Vol. 2 No. Juni 2025 pengelolaan data. Permasalahan ini menciptakan risiko kehilangan data dan keterlambatan dalam pemeliharaan perangkat akibat ketidaktersediaan suku cadang. Oleh karena itu, diperlukan sistem informasi yang dapat mengelola data aset inventaris dan non-inventaris, serta pengelolaan formulir BPBI. Sistem ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dalam pencatatan dan distribusi aset, serta menyediakan fitur Point Of Sales (POS) untuk mempermudah teknisi dalam input data. Sistem juga harus dilengkapi dengan peramalan data aset dengan memprediksi data berdasarkan pola pengajuan pengadaan aset. Pengembangan aplikasi ini bertujuan untuk dapat digunakan oleh Bidang Layanan dan Operasional TI dalam melakukan pengelolaan data aset TI dan memprediksi permintaan aset dengan optimal dan efisien serta mengurangi tingkat kesalahan dalam pengambilan keputusan untuk mengajukan penambahan aset. Metode Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pengumpulan data langsung ke tempat objek penelitian yang dilaksanakan di PT Timah Tbk pada Bidang Layanan dan Operasional TI. Sedangkan dalam perancangan membangun aplikasi menggunakan metode Scrum. Metode Scrum merupakan kerangka kerja yang biasa diterapkan pada pengembangan metode perangkat lunak yang bersifat iteratif dan inkremental dengan pekerjaan dibagi menjadi siklus kerja pendek. Berikut adalah tahapan penelitian yang dilakukan dalam menganalisis serta merancang aplikasi KelolaKu. Gambar 1. Diagram Alur Penelitian 1 Mengumpulkan Data dari Wawancara Peneliti melakukan pengumpulan data langsung pada kantor Bidang Layanan dan Operasional TI PT Timah Tbk selama satu bulan untuk mendapatkan data dan informasi yang dibutuhkan dalam pembangunan aplikasi KelolaKu. 2 Desain Use Case Pada tahap ini, peneliti membangun desain use case sesuai kebutuhan yang dibutuhkan. Terdapat tiga peran utama dalam aplikasi, yaitu super admin, admin, dan teknisi, yang memiliki role akses yang Super admin memiliki peran sebagai pengawas dalam aplikasi, admin bertanggung jawab dalam pembuatan user dan role baru yang dibutuhkan. Peran admin juga meliputi pengelolaan data Prosiding KONSTELASI Vol. 2 No. Juni 2025 utama dalam sistem. Peran teknisi dalam aplikasi meliputi pengelolaan data dan penginputan laporan atau permintaan dari user. Gambar 2. Desain Usecase 3 Desain ERD Pada tahap ini, peneliti membuat desain erd untuk perancangan database dan menunjuk relasi antar entitas beserta atribut-atribut secara detail. Gambar 3. Desain ERD 4 Desain Interface Desain interface atau antarmuka pengguna merupakan rancangan tampilan visual yang berisi menu dan informasi halaman pada aplikasi yang akan dibuat. Antarmuka memudahkan pengguna dalam berinteraksi dengan aplikasi serta dapat memahami fitur yang tersedia pada aplikasi yang digunakan. Prosiding KONSTELASI Vol. 2 No. Juni 2025 Gambar 4. Antarmuka Halaman dashboard Pada halaman dashboard terdapat informasi mengenai total aset yang tersedia, total pengiriman, total form BPBI, dan informasi mengenai barang yang kosong. Terdapat juga grafik pengeluaran untuk pengiriman ke setiap unit dalam bentuk bulan dan terdapat juga diagram pie untuk menampilkan informasi mengenai distribusi pengiriman ke setiap unit wilayah serta grafik total form BPBI setiap Pada bagian grafik dilengkapi dengan filter data tahunan. Gambar 5. Antarmuka Halaman Teknisi Pada halaman ini menampilkan seluruh data teknisi yang tersimpan pada database. Data teknisi ditampilkan dalam bentuk tabel dan dapat difilter berdasarkan urutan, unit wilayah kerja, melakukan pencarian berdasarkan NIK, nama teknisi, dan email. Gambar 6. Antarmuka Halaman Role Prosiding KONSTELASI Vol. 2 No. Juni 2025 Pada halaman ini data role ditampilkan dalam bentuk tabel. Data yang ditampilkan berupa nama role dan tombol aksi untuk melakukan fungsi pada halaman ini. Gambar 7. Antarmuka Halaman Tambah Data Aset Pada halaman ini user dapat melakukan penambahan data asset. Terdapat fungsi validasi untuk menentukan apakah terdapat inputan kosong. Gambar 8. Antarmuka Halaman POS Pengiriman Pada antarmuka halaman POS pengiriman memungkinkan user untuk melakukan input data secara otomatis melalui serial number atau inventaris number yang terdaftar pada data aset. Gambar 9. Antarmuka Halaman Tambah BPBI Prosiding KONSTELASI Vol. 2 No. Juni 2025 Halaman ini merupakan fungsi untuk menambahkan data formulir BPBI (Bukti Pemindahan Barang Inventari. Gambar 10. Antarmuka Halaman Detail BPBI Pada halaman ini ditampilkan detail form yang telah selesai dibuat. Detail form bpbi didapatkan dari dalam database dengan memanggil id bpbi. Gambar 11. Antarmuka Halaman Aktivitas Server Pada halaman ini sistem akan mencatat semua aktivitas yang dilakukan user didalam server. Mulai dari membaca url akses, method, ip, user, dan tanggal akses. Sistem dibuat dengan memanfaatkan package shetabit visitor. 5 Pengujian Pengujian dilakukan pada aplikasi KelolaKu berbasis website dikantor Bidang Layanan dan Operasional TI menggunakan blackbox testing. Prosiding KONSTELASI Vol. 2 No. Juni 2025 Tabel 1. Pengujian aplikasi kelolaku Halaman Kegiatan Hasil yang Hasil actual Dashboard Kelolaku Menampilkan Sistem Terpenuhi Data Teknisi Kelolaku data teknisi, mengedit, dan data teknisi Data berhasil diedit, dan Sistem data teknisi, mengedit, dan data teknisi Terpenuhi Data Role Kelolaku data role, mengedit, dan data teknisi Data berhasil diedit, dan Sistem mengedit, dan data role Terpenuhi Data Aset Kelolaku data aset, mengedit, dan data aset Data aset diedit, dan Sistem mengedit, dan data aset Terpenuhi POS Pengiriman Kelolaku Data berhasil data dari aset sesuai serial number yang Sistem data dari aset sesuai serial number yang Terpenuhi Data BPBI Kelolaku dan mengedit data BPBI Data berhasil dan diedit sebanyak tiga Sistem data dan diedit sebanyak tiga Terpenuhi Prosiding KONSTELASI Vol. 2 No. Juni 2025 Halaman Kegiatan Detail BPBI Kelolaku detail data BPBI Aktivitas Server Kelolaku data aktivitas Hasil yang Data dengan yang Data Hasil actual Sistem sesuai dengan data yang Terpenuhi Sistem riwayat akses Terpenuhi Landasan Teori 1 Inventaris Inventaris adalah daftar atau catatan yang mencakup semua barang, bahan, atau aset yang dimiliki oleh suatu organisasi atau perusahaan. Menurut Soemarsono SR, inventaris merupakan keseluruhan barang yang dimanfaatkan oleh kantor dan disertai dengan kondisi barang, jenisnya, harganya, serta jumlahnya. 2 Laravel Laravel merupakan salah satu framework yang digunakan dalam pengembangan web berbasis PHP. Laravel pertama kali diluncurkan pada tanggal 9 Juni 2011 oleh Taylor Otwell. Laravel pada awalnya diciptakan sebagai alternatif CodeIgniter. Laravel menawarkan kemudahan dalam pembuatan web yang cepat, aman dan praktis. Dengan dukungan komunitas yang luas, pengguna yang baru mengenal laravel dapat dengan mudah mempelajarinya. 3 Liveware Livewire merupakan salah satu framework yang memungkinkan kita membangun antarmuka yang reaktif dan dinamis menggunakan blade dan JavaScript. Livewire adalah kerangka kerja full-stack untuk laravel yang membuat antarmuka dinamis menjadi sederhana, tanpa menginggalkan kenyamanan laravel. 4 Point Of Sale Point Of Sale (POS) sistem adalah sistem yang memanfaatkan kombinasi perangkat lunak dan perangkat keras untuk melakukan berbagai fungsi selain merekam penjualan. Sistem ini memberikan kemudahan dalam proses pengelolaan dengan berbagai fitur yang ada. Sistem POS memiliki fungsi sebagai proses transaksi yang memungkinkan pengguna untuk melakukan pembelian produk atau layanan langsung dari website. 5 Regresi linier Regresi linier adalah metode statistik yang digunakan untuk menganalisis hubungan antara satu variabel dependen . dan satu atau lebih variabel independen . Tujuan utama dari regresi linier adalah untuk menemukan garis terbaik yang meminimalkan selisih antara nilai yang diprediksi dan nilai aktual. Regresi linier dapat dibedakan menjadi dua jenis: regresi linier sederhana . atu variabel independe. dan regresi linier berganda . ebih dari satu variabel independe. Metode ini mengasumsikan bahwa hubungan antara variabel bersifat linear, dan residual . elisih antara nilai yang diprediksi dan nilai aktua. harus terdistribusi normal dan memiliki varians yang konstan. 6 SARIMA Prosiding KONSTELASI Vol. 2 No. Juni 2025 SARIMA (Seasonal AutoRegressive Integrated Moving Averag. adalah model dalam analisis runtun Metode ini merupakan pengembangan dari metode ARIMA yang pertama kali dikenalkan oleh BoxJenkins pada tahun 1970. Penggunaan metode ini memungkinkan pengguna mendapatkan hasil yang lebih baik dengan penambahan rentang waktu atau musim. Penggunaan metode SARIMA banyak diterapkan dalam berbagai bidang, seperti ekonomi, keuangan, ritel, dan cuaca. Metode ini memiliki keunggulan, yaitu mampu menangkap pola musiman dalam data dan fleksibel, sehingga dapat menyesuaikan dengan berbagai jenis data dalam deret waktu. Kelemahan yang dimiliki oleh metode ini adalah memerlukan data yang cukup untuk estimasi parameter yang akurat, dan proses identifikasi serta estimasi parameter bisa kompleks. Penggunaan SARIMA sangat relevan dalam berbagai aplikasi industri dan penelitian dalam pengambilan keputusan, perencanaan, serta pengelolaan sumber daya yang lebih efektif. Kesimpulan Penelitian ini berjudul AuPengembangan Aplikasi KelolaKu Dengan Penerapan Metode SARIMA untuk Optimasi Peramalan dan Pengelolaan DataAy yang bertepat di Bidang Layanan dan Operasional TI PT Timah Tbk berhasil membangun sistem yang dapat memudahkan proses pencatatan barang inventaris dan bukan inventaris. Mempermudah pengguna dalam mendapatkan informasi ketersediaan barang digudang dan analisa kebutuhan setiap unit wilayah kerja. Fitur yang dimiliki aplikasi KelolaKu telah sesuai dengan permintaan pengguna. Ucapan Terima Kasih Penulis mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Bapak Wilfridus Bambang Triadi H. ST. Cs. dan Ibu Th. Devi Indriasari. Sc. Ph. sebagai pembimbing atas bimbingan dan arahan yang sangat berharga dalam proses pengembangan aplikasi KelolaKu. Tidak lupa, penulis mengucapkan terima kasih kepada Bapak Rian Lasuardi Kencono, selaku Kepala Bidang Layanan dan Operasional TI, yang telah mengizinkan penulis untuk melakukan penelitian di sana. Penulis juga mengucapkan terima kasih kepada Bapak Bahder Johan, selaku Pembimbing dari Divisi Teknologi Informasi, yang telah mendampingi dalam penelitian yang dilakukan di Bidang Layanan dan Operasional TI. Kepada seluruh karyawan yang bertugas di Bidang Layanan dan Operasional TI, penulis mengucapkan banyak terima kasih karena telah mengizinkan penulis untuk melakukan aktivitas pengembangan aplikasi KelolaKu dan memberikan masukan serta pengalaman selama melakukan aktivitas di sana. Referensi