Jurnal Kecerdasan Buatan dan Teknologi Informasi Vol. No. Mei 2025, hlm. e-ISSN: 2964-2922, p-ISSN: 2963-6191 DOI : https://doi. org/10. 69916/jkbti. RANCANG BANGUN SISTEM PENJUALAN BERBASIS WEBSITE DENGAN METODE SCRUM PADA CV BURHAN PURNAMA MURAKABI Amril Do Umar*1. Pramudhita Ferdiansyah2 Sistem Informasi. Ilmu Komputer. Universitas Amikom Yogyakarta. Sleman. Indonesia Teknik Informatika. Ilmu Komputer. Universitas Amikom Yogyakarta. Sleman. Indonesia Email: 1amril. 0811@students. id, 2ferdian@amikom. (Diterima : 26 Desember 2024. Direvisi : 20 April 2025. Disetujui : 22 April 2. Abstrak CV Burhan Purnama Murakabi merupakan sebuah rumah industri kerajinan serat alam yang berlokasi di Sadang. Tanjung Harjo. Nanggulan. Kulon Progo. Daerah Istimewa Yogyakarta. Perusahaan ini menyediakan produkproduk kerajinan serat alam berupa aksesoris, mebel, keranjang, tas, dan lampu dari berbagai macam serat alam seperti agel, enceng gondok, pelapah pisang, pandan, bambu, dan plastik. Saat ini CV Burhan Purnama Murakabi telah memiliki media Instagram dan tiktok sebagai media promosi dan toko galeri sebagai media penjualan secara Akan tetapi toko galeri tersebut belum bisa menunjang penjualan produk untuk jarak yang jauh karena sistem penjualannya masih konvensional dan lokasi toko yang jauh dari pusat kota sehingga menimbulkan kesulitan bagi pelanggan karena harus datang ke toko. Penelitian ini menggunakan metode metode Scrum sebagai metode Sistem penjualan berbasis website ini dibangun menggunakan alat PHP Framework Laravel. Html. Tailwind. Javascript dan MySQL sebagai penyimpanan database. Hasil akhir penelitian ini yaitu sebuah sistem penjualan berbasis website yang dapat memudahkan CV Burhan Purnama Murakabi dalam memasarkan dan mengelola produk kerajinan serat alam. Kata kunci: laravel, metode scrum, sistem penjualan, website. DESIGN AND DEVELOPMENT OF A WEB-BASED SALES SYSTEM USING THE SCRUM METHOD AT CV BURHAN PURNAMA MURAKABI Abstract CV Burhan Purnama Murakabi is a home industry specializing in natural fiber handicrafts, located in Sadang. Tanjung Harjo. Nanggulan. Kulon Progo. Special Region of Yogyakarta. The company offers a variety of handcrafted products made from natural fibers such as accessories, furniture, baskets, bags, and lamps using materials like agel, water hyacinth, banana stems, pandan leaves, bamboo, and plastic. Currently, the company utilizes Instagram and TikTok for promotional purposes and operates a physical gallery store for offline sales. However, this store is unable to support long-distance sales effectively due to its conventional sales system and remote location, making it difficult for customers to access. This study adopts the Scrum methodology for system The web-based sales system is built using the PHP Laravel framework. HTML. Tailwind CSS. JavaScript, and MySQL as the database management system. The final outcome of this study is a web-based sales system that facilitates CV Burhan Purnama Murakabi in marketing and managing its natural fiber handicraft products more efficiently. Keywords: laravel, scrum method, sales system, website. PENDAHULUAN Kemajuan teknologi informasi yang pesat memberikan dukungan besar bagi pengusaha dalam mengelola Banyak pengusaha yang sebelumnya mengoperasikan bisnis secara tradisional, kini dapat beralih ke bisnis online melalui platform E-commerce. Proses perdagangan melalui E-commerce menjadi sangat efisien karena hanya memerlukan perangkat elektronik seperti laptop, komputer, atau smartphone, dengan internet sebagai media penghubung . Toko daring atau e-commerce adalah konsep yang berkembang pesat di dunia internet. Sistem ini memberikan keuntungan bagi berbagai pihak, seperti konsumen, produsen, dan penjual. Transaksi menjadi lebih cepat, dan e87 Amril do umar, dkk, rancang bangun sistem penjualan berbasis website dengan metode scrum pada cv burhan purnama commerce membantu mengurangi biaya operasional karena penjual tidak perlu memiliki toko fisik. Berbagai aspek dalam industri fashion seperti penjualan, pemasaran, pembelian, dan transaksi juga mengalami digitalisasi melalui teknologi informasi, khususnya internet, yang mendorong terciptanya penjualan jarak jauh, lebih dikenal dengan penjualan daring atau e-commerce . erdagangan elektroni. Salah satu contoh penerapan e-commerce adalah melalui website penjualan . Indonesia dikenal sebagai salah satu produsen serat alam, baik yang berasal dari tumbuhan maupun hewan. Selain mengekspor serat alam. Indonesia juga memiliki kebutuhan besar akan serat alam yang sebagian dipenuhi melalui impor. Sektor industri yang memanfaatkan serat alam berperan penting dalam memberikan kontribusi terhadap pendapatan negara . CV Burhan Purnama Murakabi merupakan sebuah rumah industri kerajinan serat alam yang berlokasi di Sadang. Tanjung Harjo. Nanggulan. Kulon Progo. Daerah Istimewa Yogyakarta. Perusahaan ini menyediakan produk-produk kerajinan serat alam berupa aksesoris, mebel, keranjang, tas, dan lampu dari berbagai macam serat alam seperti agel, enceng gondok, pelapah pisang, pandan, bambu, dan plastik. Saat ini CV Burhan Purnama Murakabi telah memiliki media instagram dan tiktok sebagai media promosi dan toko galeri sebagai media penjualan secara luring. Akan tetapi toko galeri tersebut belum bisa menunjang penjualan produk untuk jarak yang jauh karena sistem penjualannya masih konvensional dan lokasi toko yang jauh dari pusat kota atau tidak strategis sehingga menimbulkan kesulitan bagi pelanggan karena harus datang ke toko. CV Burhan Purnama Murakabi juga sebelumnya telah memanfaatkan salah satu platform marketplace untuk penjualan secara daring tapi karena marketplace tersebut memiliki fitur diskon yang mengharuskan penjual untuk menaikan harga produk hingga harga tidak sesuai dengan harga produk aslinya. Masalah ini berdampak langsung pada daya saing produk dan efektivitas strategi penjualan. Di tengah tingginya tren belanja online dan digitalisasi UMKM, tidak tersedianya media penjualan daring yang terintegrasi dan dikendalikan langsung oleh pihak perusahaan menjadi hambatan serius dalam pengembangan bisnis jangka panjang. Pada penelitian sejenis sebelumnya membahas tentang Rancang Bangun Aplikasi E-commerce Untuk Usaha Penjualan Helm. Metode pengembangan sistem yang digunakan dalam penelitian ini adalah Extreme Programming. Website dikembangkan dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan HTML serta database MySQL. Pengujian dilakukan berdasarkan standar ISO 25010, dengan fokus pada tiga karakteristik: Functional Suitability. Performance Efficiency, dan Usability . Penelitian berikutnya Jurnal tentang Perancangan Sistem Informasi E-commerce Pemasaran Hasil Pertanian Berbasis Website. Proses pembuatan situs web OTANI menggunakan metode waterfall. Penelitian ini menghasilkan sebuah sistem e-commerce yang mempermudah petani dalam menjual produk pertanian dan memungkinkan masyarakat untuk mendapatkan produk pertanian segar langsung dari petani lokal . Penelitian selanjutnya tentang Perancangan Website E-commerce Soemardjan Florist Menggunakan Framework Laravel. Soemardjan Florist merupakan salah satu toko bunga terbesar yang ada di Kota Salatiga. Jawa Tengah. Penelitian ini berfokus pada pembangunan situs web untuk Soemardjan Florist dengan tujuan untuk memperluas cakupan usahanya. Situs web ini dikembangkan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan framework Laravel versi 5. Berdasarkan latar belakang dan tinjauan penelitian terdahulu tersebut. CV Burhan Purnama Murakabi memerlukan sebuah media penjualan yang dapat menunjang penjualan produk kerajinan serat alam dan memudahkan transaksi untuk secara daring yaitu dengan merancang dan membangun sistem penjualan murakabi craft berbasis web dengan penerapan metode scrum. METODE PENELITIAN Tahapan Penelitian Pada penelitian ini memliki beberapa tahapan penelitian dalam menganalisis dan membuat website ecommerce. Tahapan penelitian dapat dilihat pada gambar 3. 1 dibawah ini. Gambar 1. Tahapan Penelitian Pada gambar diatas merupakan tahap awal penelitian yang akan dilakukan pengumpulan data terlebih dahulu sebelum menerapkan metode scrum pada implementasi sampai pengujian. Dalam penerapan Scrum, terdapat tahapan implementasi metode scrum sebagai berikut: Amril do umar, dkk, rancang bangun sistem penjualan berbasis website dengan metode scrum pada cv burhan purnama Gambar 2. Metode Scrum Product Backlog Pada tahap ini fitur-fitur yang diidentifikasi selama tahap user stories dikumpulkan untuk menentukan prioritas Sprint Planning Sprint planning pada tahap ini tim menyusun rencana atau jadwal sprint yang akan dilaksanakan sesuai dengan prioritas product backlog dalam periode waktu yang telah ditentukan. Setelah perencanaan sprint, tim menyusun sprint backlog yang merinci setiap fitur menjadi tugas-tugas lebih rinci. Daily Scrum Tim scrum melakukan pengkodean sesuai dengan sprint backlog dan mengadakan pertemuan harian untuk melaporkan kemajuan serta membahas kendala yang dihadapi selama pengembangan. Sprint Review Sprint review yaitu tim scrum atau peneliti menunjukkan hasil aplikasi kepada Product Owner dan Scrum Master untuk memastikan bahwa hasilnya sesuai dengan product backlog. Kesalahan atau penambahan fitur yang diperlukan akan dipertimbangkan untuk sprint berikutnya. Sprint Retrospective Tahapan terakhir setelah aplikasi selesai dibuat tim melakukan evaluasi untuk mengidentifikasi hambatan yang dihadapi selama proses pengerjaan dan mencari cara untuk meningkatkan proses sprint di masa depan . HASIL DAN PEMBAHASAN Analisis Kebutuhan Analisis Kebutuhan Fungsional Kebutuhan fungsional adalah kebutuhan yang mencakup fasilitas dan aktivitas yang akan dilakukan oleh sistem secara umum. Kebutuhan ini berfokus pada proses-proses yang dijalankan oleh sistem, serta informasi yang harus tersedia dan dihasilkan oleh sistem. Beberapa syarat dalam kebutuhan fungsional mencakup aktivitas yang harus dilaksanakan dalam sistem, mengikuti prosedur dan fungsi bisnis, serta terdokumentasi dalam model . Analisis Kebutuhan Non-Fungsional kebutuhan non-fungsional adalah batasan terhadap layanan atau fungsi yang ditawarkan oleh sistem, seperti batasan waktu, proses pengembangan, dan standar yang harus dipenuhi. Dengan kata lain, kebutuhan nonfungsional berfokus pada karakteristik perilaku yang harus dimiliki oleh sistem. Kebutuhan ini seringkali disebut sebagai batasan atau kriteria tambahan yang harus dipenuhi oleh sistem, termasuk aspek waktu, standar, dan proses pengembangan . Perancangan Perancangan Use Case Diagram use case adalah salah satu jenis diagram yang digunakan untuk memodelkan aspek-aspek perilaku Setiap diagram use case menggambarkan sekelompok use case, aktor, dan hubungan di antara mereka. Diagram ini penting untuk menggambarkan, merinci, dan mendokumentasikan kebutuhan perilaku sistem, subsistem, dan kelas. Elemen utama dalam diagram use case meliputi aktor, use case, serta hubungan ketergantungan, generalisasi, dan asosiasi . Amril do umar, dkk, rancang bangun sistem penjualan berbasis website dengan metode scrum pada cv burhan purnama Gambar 3. Use Case Diagram Perancangan ERD Adapun rancangan Entity Relationship adalah metode pemodelan basis data yang digunakan untuk membuat skema konseptual dalam model data semantik suatu sistem. Sistem ini menggunakan basis data relasional yang bersifat top-down. Representasi dari model entity-relationship digambarkan dalam bentuk diagram yang dikenal sebagai Entity-Relationship Diagram (ER Diagram atau ERD). Entity merupakan objek yang dapat diidentifikasi secara unik, sementara relationship menggambarkan keterhubungan antar-entity. Atribut berfungsi untuk mendefinisikan karakteristik dari setiap entity dengan mengikuti konvensi tertentu . Gambar 4. Rancangan ERD Perancangan User Flow User flow merupakan alur yang dilalui oleh pengguna sejak pertama kali mengakses sistem . tau websit. hingga langkah terakhir yang dilakukan dalam sistem tersebut. Umumnya, user flow divisualisasikan dalam bentuk diagram alur . guna memudahkan pemahaman terhadap setiap tahapan interaksi yang dialami pengguna selama menggunakan sistem. User flow juga menjadi bagian penting dalam perancangan user Amril do umar, dkk, rancang bangun sistem penjualan berbasis website dengan metode scrum pada cv burhan purnama experience (UX) yang optimal. Dengan melakukan analisis terhadap alur penggunaan ini, perancang sistem dapat melakukan evaluasi dan pengembangan sistem secara lebih tepat guna meningkatkan kualitas interaksi pengguna . Pada penelitian ini, user flow akan disajikan dalam bentuk diagram alur . untuk menggambarkan secara jelas bagaimana interaksi pengguna dengan sistem berlangsung, khususnya dalam proses pembelian produk secara daring. Gambar 5. Perancangan User Flow Implementasi Sistem penjualan ini dibangun menggunakan alat PHP Framework Laravel. Html. Tailwind. Javascript untuk pembuatan website dan MySQL sebagai penyimpanan database dan untuk pembayaran menggunakan midtrans API. Fitur Masuk Akun Admin Berikut merupakan hasil implementasi kode fitur masuk akun admin yang memiliki form untuk autentikasi akun dan jika berhasil maka pengguna admin akan dialihkan ke halaman beranda admin. Gambar 6. Implementasi Fitur Masuk Akun Admin Fitur Kelola Kategori Berikut merupakan hasil implementasi kode fitur kelola kategori yang pengguna admin dapat melakukan pengelolaan data seperti tambah kategori, ubah kategori, dan hapus kategori. Amril do umar, dkk, rancang bangun sistem penjualan berbasis website dengan metode scrum pada cv burhan purnama Gambar 7. Implementasi Fitur Kelola Kategori Fitur Kelola Produk dan Varian Berikut merupakan hasil implementasi kode fitur kelola produk. Pada fitur ini pengguna admin dapat melakukan pengelolaan data produk beserta varian dari produk seperti menambah produk, mengubah data produk dan menghapus data produk tersebut. Gambar 8. Implementasi Fitur Kelola Produk Fitur Kelola Pesanan Customer Berikut merupakan hasil implementasi kode untuk fitur kelola pesanan. Pengguna admin dapat menerima informasi pesanan dari pengguna customer yang telah melakukan pembelian produk, pengguna admin juga dapat melihat detail pesanan dan mengubah status pesanan. Gambar 9. Implementasi Fitur Kelola Pesanan Fitur Autentikasi Customer Berikut merupakan hasil implementasi kode untuk autentikasi yaitu fitur masuk dan daftar akun customer, yang terdapat form untuk masuk dan daftar akun untuk melakukan autentikasi dan jika berhasil maka pengguna dapat melanjutkan penyimpanan produk ke keranjang, melakukan pembelian produk sampai tahap melihat hasil riwayat transaksi pembelian. Amril do umar, dkk, rancang bangun sistem penjualan berbasis website dengan metode scrum pada cv burhan purnama Gambar 10. Implementasi Fitur autentikasi Fitur Detail Produk Berikut merupakan hasil implementasi kode untuk fitur detail produk yang dapat diakses melalui data produk pada halaman utama, yang memiliki informasi mengenai detail produk seperti informasi varian ukuran produk dan memiliki tombol untuk dapat menyimpan produk tersebut ke keranjang atau melanjutkan pembelian, tetapi jika belum melakukan autentikasi akun maka tombol untuk melanjutkan dan menyimpan produk ke keranjang tidak tampil. Gambar 11. Implementasi Fitur Detail Produk Fitur Keranjang Berikut merupakan hasil implementasi kode untuk fitur keranjang. Pada fitur ini pengguna customer dapat menyimpan produk tersebut di keranjang dengan memilih dan menginput jumlah pada form di detail produk lalu menekan tombol tambah ke keranjang. Fitur keranjang juga memiliki halaman tersendiri yang pengguna dapat memperbarui informasi keranjang dan melanjutkan produk pada keranjang untuk pembelian. Gambar 12. Implementasi Fitur Keranjang Fitur Pembelian Berikut merupakan hasil implementasi code fitur pembelian. Pada fitur ini pengguna dapat melakukan pembelian produk dengan menginput informasi berupa alamat dan memilih metode pengiriman maka total Amril do umar, dkk, rancang bangun sistem penjualan berbasis website dengan metode scrum pada cv burhan purnama harga sesuai dengan api rajaongkir yang terkait pada alamat kota dan provinsi, setelah itu pengguna customer dapat melanjutkan pembayaran dengan menekan tombol lanjut pembayaran. Gambar 13. Implementasi Fitur Pembelian Fitur Pembayaran Berikut merupakan hasil implementasi fitur pembayaran. Pengguna customer dapat melakukan pembayaran setelah melakukan proses pembelian sebelumnya. Pada halaman pembayaran ini terdapat informasi mengenai pemesan, rincian pesanan dan jika ditekan tombol bayar sekarang maka akan menampilkan tampilan midtrans yang terdapat metode untuk melakukan transaksi pembayaran. Setelah pembayaran berhasil maka akan menampilkan notifikasi dan mengalihkan pengguna customer ke halaman transaksi berhasil. Gambar 14. Implementasi Fitur Pembayaran Fitur Riwayat Transaksi Berikut merupakan hasil implementasi code fitur riwayat transaksi yang menampilkan informasi mengenai transaksi yang dilakukan sebelumnya, pada fitur ini pengguna dapat melihat status pesanan yang telah dilakukan dan melihat detail pembelian. Gambar 15. Implementasi Fitur Riwayat Transaksi Amril do umar, dkk, rancang bangun sistem penjualan berbasis website dengan metode scrum pada cv burhan purnama Pengujian Blackbox Metode Black Box Testing adalah salah satu teknik yang praktis karena hanya memerlukan informasi tentang batas bawah dan batas atas dari data yang diharapkan. Estimasi jumlah data uji dapat ditentukan dengan menghitung jumlah field data entri yang akan diuji, aturan entri yang harus dipatuhi, serta kasus batas atas dan bawah yang Metode ini juga memungkinkan identifikasi jika fungsionalitas sistem masih dapat menerima input yang tidak sesuai, yang dapat mengakibatkan penyimpanan data yang kurang valid. Dengan menggunakan metode Black Box dalam pengujian sistem, tujuan utamanya adalah untuk mengidentifikasi kelemahan sistem sehingga data yang dihasilkan sesuai dengan input yang dimasukkan setelah eksekusi, serta untuk menghindari kekurangan dan kesalahan pada aplikasi sebelum digunakan oleh pengguna . Pada pengujian blackbox ini dilakukan pada 1 direktur dan 3 karyawan CV Burhan Purnama Murakabi dalam melihat fungsionalitas dari fitur admin untuk pengelolaan dan fitur customer dalam melakukan proses pembelian Tabel 1. Pengujian Black Box Fitur Masuk Akun Admin Kelola Kategori Kelola Produk Kelola Varian Produk Pesanan Autentikasi Customer Detail Produk Keranjang Pembelian dari Halaman Detail Produk Pembelian dari Halaman Keranjang Pembayaran Midtrans Riwayat Transaksi Hasil yang diharapkan Menampilkan halaman login yang berisi form login untuk autentikasi akun admin Dapat menampilkan, menambahkan, mengubah, dan menghapus data kategori Dapat menampilkan, menambahkan, mengubah, dan menghapus data produk Dapat menampilkan modal form tambah varian dan menambahkan data varian sesuai produk yang dipilih Dapat menampilkan data pesanan customer pada halaman pesanan dan mengubah status pesanan. Dapat menampilkan halaman dan melakukan proses autentikasi daftar akun dan masuk akun jika validasi sesuai maka pengguna customer diarahkan ke halaman Dapat menampilkan produk-produk dan menampilkan semua informasi varian dari produk saat mengakses detail produk dari produk yang dipilih Dapat menambahkan produk ke keranjang, mengubah jumlah dan menghapus data produk dari keranjang. Dapat mengakses halaman pembelian setelah memilih produk dari halaman detail produk, menampilkan harga ongkos kirim jika telah memilih metode pengiriman, melanjutkan ke halaman pembayaran dan menyimpan data pembelian menjadi pesanan pada admin. Dapat mengakses halaman pembelian melalui halaman keranjang, menampilkan produk yang dipilih pada halaman keranjang, menampilkan harga ongkos kirim jika telah memilih metode pengiriman, melanjutkan ke halaman pembayaran dan menyimpan data pembelian menjadi pesanan pada admin. Dapat menampilkan halaman pembayaran, menampilkan midtrans pembayaran saat ditekan tombol, dan jika berhasil dapat memproses data tersebut dan mengalihkan ke halaman transaksi Dapat menampilkan halaman beserta data riwayat transaksi yang dilakukan customer. Hasil Uji Berhasil Berhasil Berhasil Berhasil Berhasil Berhasil Berhasil Berhasil Berhasil Berhasil Berhasil Berhasil Pengujian Usability Usability testing adalah teknik yang digunakan untuk mengevaluasi produk dengan mengujinya langsung kepada pengguna. Usability merupakan atribut penting untuk menilai sejauh mana antarmuka . suatu sistem atau website mudah digunakan oleh pengguna . ISO 25010 merupakan standar internasional dalam pengujian perangkat lunak. Menurut Prof. Azuma dalam konferensi software testing di SOFTEC Malaysia Amril do umar, dkk, rancang bangun sistem penjualan berbasis website dengan metode scrum pada cv burhan purnama menyebutkan bahwa standar ISO 25010 dikembangkan untuk mengantikan ISO 9126 didasarkan pada berkembangan ICT (Information and Communication Technolog. seperti perkembangan mikroprosesor, perkembangan memori, perkembangan tampilan, dan perkembangan media penyimpanan (Veenendaal, 2. Standar ISO 25010 mempunyai 8 karakteristik yaitu Functional Suitability, reliability. Performance Efficiency. Usability, security, compatibility, maintainability, dan portability . Dalam penelitian ini, pengujian Usability berfokus pada skenario pengguna . saat melakukan proses pembelian produk pada website, dengan mengacu pada kriteria Usability dari ISO 25010. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dengan 4 pertanyaan yang dibagikan kepada 30 responden, terdiri dari karyawan CV Burhan Purnama Murakabi, pelanggan tetap, dan pelanggan baru. Instrumen yang digunakan adalah skala Likert 1Ae 5, mulai dari Sangat Tidak Setuju . hingga Sangat Setuju . Skala Likert dapat digunakan untuk menilai sikap, pendapat, dan persepsi individu atau kelompok terhadap fenomena sosial tertentu. Setiap item dalam instrumen yang menggunakan skala Likert memiliki tingkatan respons, mulai dari sangat positif hingga sangat negatif, yang membantu mengukur respons responden dengan lebih terstruktur . Tabel 2. Pengujian Usability dengan Teknik skala likert Pertanyaan Apakah anda mudah memahami langkah-langkah untuk membuat dalam membuat akun dan masuk ke akun anda? Apakah menu pada website membantu Anda menemukan informasi atau produk yang Anda cari saat pertama kali mengakses website? Apakah tulisan pada website terlihat mudah dan jelas untuk anda pahami? Apakah anda mudah dalam melakukan proses pembelian produk pada website tersebut? STS Bobot Rumus menghitung nilai rata-rata: ycAycnycoycaycn ycIycaycyca ycIycaycyca = yaycycoycoycaEa yaAycuycaycuyc ycAycnycoycaycn ycIyceycycyycuycuyccyceycu ycNycuycycayco ycIyceycycyycuycuyccyceycu Rumus menghitung nilai presentase: ycEycyceycyceycuycycaycyce = ycAycnycoycaycn ycycaycyca Oe ycycaycyca ycu 100% yaAycuycaycuyc ycAycaycuycnycoycyco Tabel 3. Perhitungan Rata-Rata dan Presentase Pertanyaan Rata-Rata Presentase Kriteria 4,37 4,47 4,27 4,37/5 x 100% = 87% 3,9/5 x 100% = 78% 4,47/5 x 100% = 89% 4,27/5 x 100% = 85% Usability Usability Usability Usability KESIMPULAN Dari hasil penelitian ini, telah dihasilkan sistem penjualan berbasis website. Adapun kesimpulan yaitu sistem penjualan berbasis website ini dapat memasarkan dan menjual produk kerajinan serat alam. Aplikasi ini dibangun agar CV Burhan Purnama Murakabi tidak mengalami kesulitan dalam memasarkan dan menjual produk kerajinan serat alam dan pengguna admin dapat melakukan pengelolaan data sampai menerima pesanan. Sistem penjualan ini pengguna customer juga mudah dalam melakukan proses autentikasi akun, memilih produk sampai melakukan tahap transaksi pembelian dan pembayaran produk berdasarkan hasil pengujian blackbox yang memiliki hasil fitur-fitur dapat berjalan dengan baik secara fungsionalitas dan pengujian Usability dengan standar ISO 25010 yang memiliki nilai presentase rata-rata diatas 78%. Dengan penerapan metode scrum peneliti, tim development dan owner dapat melakukan manajemen produk dan penjualan agar implementasi berjalan sesuai yang diharapkan dan website ini dibangun menggunakan alat PHP Framework Laravel. Html. Tailwind. Javascript untuk pembuatan website dan MySQL sebagai penyimpanan database dan untuk pembayaran menggunakan midtrans API. Berdasarkan hasil penelitian, adapun saran dari peneliti yaitu menambahkan fitur seperti rating dan chat agar dapat meningkatkan kepercayaan dan interaksi pengguna pada website dan optimalkan sehingga website dapat berjalan lebih cepat. Amril do umar, dkk, rancang bangun sistem penjualan berbasis website dengan metode scrum pada cv burhan purnama DAFTAR PUSTAKA