JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT FORDICATE (INFORMATICS ENGINEERING DEDICATION) E-ISSN: 2809-2546 VOL 2. NO. 1 TAHUN 2022 Pelatihan Digital Marketing Untuk Peningkatan Promosi Produk Unggulan Daerah Bipang Tanjung Sakti Ferry Putrawansyah 1*. Desi Puspita 2. Alfis Arif 3 Teknik Informatika. Institut Teknologi Pagar Alam Sumatera Selatan Email: feyputrwansyah@gmail. com, desiofira1@gmail. com, alfisarif@yahoo. Key Words: Digital Marketing. Product. Bipang tanjung Sakti Abstract: The purpose of this activity is to provide students and the Tanjung Sakti community with knowledge about the use of digital marketing as a marketing medium to increase superior products in the Bipang Tanjung Sakti area. Having digital marketing skills can become a marketing medium and provide skills in increasing product sales. The methods of implementing the activities carried out are the preparation stage, the implementation stage, the implementation stage and the evaluation stage. This activity is in the form of lectures, discussions, questions and answers and provides digital marketing training for students and the public in an effort to increase the promotion of superior products in the Bipang Tanjung Sakti area as an opportunity to open a business for entrepreneurship. The results of the implementation of activities at the pretest stage with a score of 70% show that many community service training participants still do not know about digital Next is the implementation stage by providing digital marketing training with materials on Packing. Photography Techniques, and Social Media Promotion. The results of the evaluation of the participants after training on digital marketing materials through protest obtained a value of 93%. This shows that after this training the participants really understand digital marketing to increase the promotion of superior products in the Bipang Tanjung Sakti area Abstrak: Tujuan kegiataan ini adalah untuk memberikan pengetahuan mahasiswa dan masyarakat tanjung sakti tentang pemanfaatan digital marketing sebagai media pemasaran untuk meningkatkan produk unggulan daerah bipang tanjung Dengan memiliki skill digitial marketing dapat menjadi media pemasaran dan memberikan keterampilan dalam meningkatkan penjualan produk. Metode pelaksanaan kegiatan yang dilakukan yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanan, tahap implementasi dan tahap evaluasi. Kegiatan ini dalam bentuk ceramah, diskusi, tanya jawab dan memberikan pelatihan digital marketing mahasiswa dan masyarakat dalam upaya peningkatan promosi produk unggulan daerah bipang tanjung sakti sebagai peluang membuka usaha untuk berwirausaha. Hasil dari pelaksanaan kegiatan pada tahap pretest dengan nilai 70 % menunjukkan peserta pelatihan pengabdian masih banyak belum mengetahui tentang digital marketing. Selanjutnya tahap implementasi dengan memberikan pelatihan digital marketing dengan materi tentang Packing. Teknik Photogrphy, dan Social Media Promotion. Hasil evaluasi terhadap peserta setelah pelatihan materi digital marketing melalui protest didapatkan nilai 93 %. Hal ini menujukkan setelah pelatihan ini peserta sangat paham mengenai digital marketing untuk peningkatan promosi produk unggulan daerah bipang tanjung sakti. Ferry Putrawansyah . Desi Puspita. Alfis Arif. Pelatihan Digital Marketing Untuk Peningkatan Promosi Produk Unggulan Daerah Bipang Tanjung Sakti. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Fordicate Pelatihan Digital Marketing Untuk Peningkatan Promosi Produk Unggulan Daerah Bipang Tanjung Sakti JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT FORDICATE (INFORMATICS ENGINEERING DEDICATION) E-ISSN: 2809-2546 VOL 2. NO. 1 TAHUN 2022 PENDAHULUAN Perkembangan teknologi komunikasi terutama sosial media menjadi suatu hal yang menarik untuk dikaji. Sosial media digunakan sebagai alat marketing, mempromosikan produk. Dalam memanfaatkan itu sangat dibutuhkan skill dalam mengembangkannya sehingga memiliki daya tarik. Daya tarik inilah yang membuat pengunjung atau pembeli akan mampir/ melihat sosial media dari penjual kemudian dilanjutkan dengan pemesanan. Media social merupakan aplikasi yang menggunakan internet, yang merupakan dasar dari teknologi Web 2. 0, menyediakan kemampuan untuk membuat dan mendistribusikan konten digital bagi pengguna . Pemanfaatan media sosial kalangan remaja sangat tinggi, hampir semuanya memiliki smartphone yang terkoneksi dengan internet dan memiliki akun sosial media seperti instragram, facebook, twitter, whatsapp. Tiktok dan lainya. Hal ini merupakan potensi yang harus dikembangkan dalam dunia marketing. Digital marketing adalah sebuah produk teknologi informasi dimana berupa kegiatan mempromosikan produk dan atau jasa melalui media internet . digital marketing merupakan suatu kegiatan pemasaran melalui media digital seperti media sosial email, web, televisi, dll untuk mengetahui profil pelaku usaha, nilai produk, perilaku, dan loyalitas para pelanggan atau target konsumen untuk mencapai tujuan pemasaran . Digital marketing dapat menjadi salah satu skill yang dapat dipahami mahasiswa Institut Teknologi Pagar Alam (ITPA). Dengan skill ini mahasiswa dapat membuat mereka mandiri secara finansial, misal membuat produk sendiri kemudian menjualnya memanfaatkan media Dapat membekali mahasiswa menghadapi para pesaing dimasa depan. Tujuan dari pengabdian adalah untuk memberikan pengetahuan mahasiswa dan masyarakat tanjung sakti tentang pemanfaatan digital marketing sebagai media pemasaran untuk meningkatkan produk unggulan daerah bipang tanjung sakti . Pada pelaksanaan kegiatan pengabdian ini peserta yang hadir sebanyak 65 peserta. Seluruh peserta berasal dari Program studi Teknik Sipil dan Teknik Informatika semester VII . sebnayak 30 orang dan 35 orang masyarakat tanjung sakti. Kegiatan Pengabdian Masyarakat (PkM) membantu mahasiswa untuk menghadapi kesiapan dunia kerja dan membantu masyarakat dalam meningkatkan promosi unggulan daerah seperti bipang melalui pelatihan digital marketing. Penelitian terdahulu oleh Katherine dengan hasil penelitian menunjukkan bahwa generasi milenial memiliki atensi yang sangat bagus terkait dengan iklan melalui online. Strategi pemasaran melalui digital jauh lebih efektif dalam menarik perhatian generasi milenial, memotivasi kunjungan website secara berulang-ulang serta mendorong menulis komentar secara daring . METODE Metode dalam pelaksanaan kegiatan Pelatihan Digital Marketing untuk Peningkatan Promosi Produk Unggulan Daerah Bapang Tanjung Sakti. Adapun tahapan-tahapan dalam pelaksanaan meliputi sebagai berikut: Pelatihan Digital Marketing Untuk Peningkatan Promosi Produk Unggulan Daerah Bipang Tanjung Sakti JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT FORDICATE (INFORMATICS ENGINEERING DEDICATION) E-ISSN: 2809-2546 VOL 2. NO. 1 TAHUN 2022 Tahapan pertama adalah tahapan persiapan, meliputi persiapan materi pelatihan, persiapan tempat pelatihan, persiapan sarana dan prasarana. Tahapan kedua adalah tahap pelaksanaan, dimulai dengan mengidentifikasi tingkat pengetahuan tentang digital marketing dengan cara penyebaran kusioner kepada peserta. Tahapan Ketiga adalah implementasi peserta diberikan pelatihan dengan materi : Packaging . dengan tujuan untuk keamanan produk yang dipasarkan, untuk membedakan dengan produk pesaing dan untuk meningkatkan penjualan. Teknik Photography dengan tujuan untuk product Branding. Meningkatkan nilai jual, sebagai identitas, meningkatkan Popularitas dan media informasi. Social Media Promotion dengan tujuan memanfaatkan medio sosial dalam pemasaran. Tahap terakhir kegiatan pengabdian kepada masyarakat yaitu tahap evaluasi, dengan tujuan utuk menilai kemampuan peserta pelatihan tentang digital marketing dalam meningkatkan promosi produk unggulan daerah bipang Tanjung Sakti. HASIL DAN PEMBAHASAN Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilaksanakan pada tanggal 31 Oktober 2022 di Kecamatan Tanjung Sakti Kabupaten Lahat. Adapun tahapan pelaksanaan yang dilakukan sebagai berikut: Tahap Persiapan Kegiatan Pengabdian kepada Masyarkat inu diawali dengan berdiskusi dengan pihak Kecamatan sekaligus meminta izin untuk melaksanakan program pengabdian dengan judul Pelatihan Digital Marketing untuk Meningkatkan Promosi Produk Unggulan Daerah Bipang Tanjung Sakti. Gambar 1. Persiapan Tahapan Pelaksanaan Pelaksanaan kegiatan dilakukan di aula kecamatan Tanjung Sakti dan disambut baik oleh pak Camat dan peserta pelatihan. Pada sesi ini terlebih dahulu pengenalan satu sama lain dengan memberikan pengantar mengenai tujuan kegiatan dilakasanakan. Kegiatan ini dimulai dengan Pelatihan Digital Marketing Untuk Peningkatan Promosi Produk Unggulan Daerah Bipang Tanjung Sakti JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT FORDICATE (INFORMATICS ENGINEERING DEDICATION) E-ISSN: 2809-2546 VOL 2. NO. 1 TAHUN 2022 mengidentifikasi tingkat pengetahuan tentang digital marketing dalam bentuk pretest dan menyebarkan kusioner kepada seluruh peserta secara online. Gambar 2. Peserta pretest Adapun hasil analisis oleh tim pangabdi dari pertanyaan pretest yang dijawab oleh peserta pelatihan digital marketing dalam meningkatkan promosi produk unggulan daerah bipang tanjung sakti dapat dilihat pada taball 1 dibawah ini. Tabel 1. Hasil Pretest Pertanyaan Jawaban Yang pertama kali menemukan Hasil persentase pretest Didapat bahwa yang kemasan adalah orang Cina? menjawab benar 81,3 % dan salah 18,7%. Kemasan air minuman pertama kali Hasil persentase pretest didapat bahwa yang orang Indonesia adalah kendi? menjawab benar 78,1 % dan salah 21,9%. Pelatihan Digital Marketing Untuk Peningkatan Promosi Produk Unggulan Daerah Bipang Tanjung Sakti JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT FORDICATE (INFORMATICS ENGINEERING DEDICATION) E-ISSN: 2809-2546 Pengemasan pada produk ? VOL 2. NO. 1 TAHUN 2022 Hasil persentase pretest didapat bahwa yang menjawab benar 89,1 % dan salah 10,9%. Suatu untuk Hasil persentase pretest didapat bahwa yang mengawetkan melindungi produk menjawab benar 85,9 % dan salah 14,1%. secara efektif efisisen disebut Tujuan dari produk adalah ? Hasil pretest didapatkan bahwa jawaban Agar menarik pelanggan paling banyak dijawab. Frekuensi pemakaian? Hasil persentase pretest Didapat bahwa yang menjawab benar 84,4 % dan salah 15,6%. Pelatihan Digital Marketing Untuk Peningkatan Promosi Produk Unggulan Daerah Bipang Tanjung Sakti JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT FORDICATE (INFORMATICS ENGINEERING DEDICATION) E-ISSN: 2809-2546 VOL 2. NO. 1 TAHUN 2022 Lighting bukan merupkan factor Hasil persentase pretest didapat bahwa yang penting dalam foto produk? menjawab benar 50 % dan salah 50%. Tantangan Visual foto berkualitas Hasil pretest didapatkan Biaya yang paling banyak mendapatkan respon dari mahasiswa dan Sosial media yang paling kuat dalam Hasil pretest didapatkan Instagram paling banyak mendapat respon jawaban. Cara apa yang dapat anda lakukan Hasil pretest didapat yaitu promo dimedia social agar foto produk anda mampu jawaban dari responden. menarik minat pembeli. Pelatihan Digital Marketing Untuk Peningkatan Promosi Produk Unggulan Daerah Bipang Tanjung Sakti JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT FORDICATE (INFORMATICS ENGINEERING DEDICATION) E-ISSN: 2809-2546 VOL 2. NO. 1 TAHUN 2022 Tahap Implementasi Materi yang disampaikan pada kegiatan pelatihan ini adalah sebagai berikut : Packaging . Pemberian contoh dan cara melakukan kemasan produk yang akan ditampilkan dan dipromosikan melalui media social nantinya. Materi yang disampaikan untuk packaging . antara lain. Sejarah kemasan. Alasan utama dalam pengemasan adalah untuk keamanan produk, membedakan produk pesaing dan untuk meningkatkan penjualan. Syarat kemasan. Klasifikasi Kemasan yaitu Frekuensi pemakaian, struktur kemasan, dan Sifat kekauan bahan kemasan. Teknik Phtography Materi yang disampaikan mengenai Teknik photography antara lain, . Definisi product photography . oto produ. , . Tujuan dari foto produk yaitu product branding, meningkatkan nilai jual, sebagai identitas, meningkatkan popularitas dan media informasi, . Foto product yanga dibutuhkan yaitu, pencahayaan, skala ukuran produk, lensa harus bersih, tripod. Resolusi paling besar. Hindari Zoom in. Maksimalkan Exposure Setting. Matikan Flash. Ligthbox. Wallpaper google, dan fitur HDR, . Apliaksi Memotret dan . Aplikasi Editing Foto untu foto produk. Social Media Promotion Materi terakhir yang disampaikan tentang social media promosi. Adapun Social media yang digunakan untuk promosi adalah Instagram. Facebook. Website. Tiktok dan majalah Tahap Evaluasi Tahap terakhir dari kegiatan pelatihan ini adalah tahap evaluasi. Dimana peserta akan di berikan pertanyaan melalui kusioner secara online sebagai postest untuk mendapatkan feedback dari kegiatan pelatinan. Adapun hasil analisis data primer dapat dilihat pada tabel 2. Tabel 2. Hasil Postest Pertanyaan Jawaban Yang pertama kali menemukan Hasil persentase postest Didapat bahwa yang kemasan adalah orang Cina? menjawab benar 91,2% dan salah 8,8 %. Dari persentase tersebut dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan yang signifikan sebesar 9,9 % setelah Pelatihan Digital Marketing Untuk Peningkatan Promosi Produk Unggulan Daerah Bipang Tanjung Sakti JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT FORDICATE (INFORMATICS ENGINEERING DEDICATION) E-ISSN: 2809-2546 VOL 2. NO. 1 TAHUN 2022 Kemasan air minuman pertama Hasil persentase postest didapat bahwa yang menjawab kali orang Indonesia adalah benar 86,8% dan salah 13,2 %. Dari persentase tersebut dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan 8,7% setelah postest. Pengemasan pada produk ? Hasil persentase postest didapat bahwa yang menjawab benar 97% dan salah 3 %. Dari persentase tersebut dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan sebesar 7,9% setelah postest. Suatu system terpadu untuk Hasil persentase postest didapat bahwa yang mengawetkan melindungi produk menjawab benar 97% dan salah 3 %. Dari persentase secara efektif efisisen disebut tersebut dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan yang signifikan sebesar 11,1 % setelah postest. Pelatihan Digital Marketing Untuk Peningkatan Promosi Produk Unggulan Daerah Bipang Tanjung Sakti JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT FORDICATE (INFORMATICS ENGINEERING DEDICATION) E-ISSN: 2809-2546 VOL 2. NO. 1 TAHUN 2022 Tujuan dari produk adalah ? Hasil postestnya yaitu setelah mendapatkan pelatihan mahasiswa dan masyarakat menjawab Untuk promosi, disini terjadi perubahan pemikiran yang awalnya agar menarik pelanggan menjadai sebagai bahan promosi. Frekuensi pemakaian? Hasil postestnya didapat yang menjawab benar 97% dan salah 3 %. Dari persentase tersebut dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan yang signifikan sebesar 12,6 % setelah postest. Lighting bukan merupkan factor Hasil postestnya didapat yang menjawab benar 66,32% dan salah 33,68 %. Dari persentase tersebut penting dalam foto produk? dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan yang signifikan sebesar 16,32 % setelah postest. Pelatihan Digital Marketing Untuk Peningkatan Promosi Produk Unggulan Daerah Bipang Tanjung Sakti JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT FORDICATE (INFORMATICS ENGINEERING DEDICATION) E-ISSN: 2809-2546 VOL 2. NO. 1 TAHUN 2022 Tantangan Visual foto berkualitas Setelah diadakan pelatihan maka Lighting lah yang mendapat respon jawaban paling banyak. Sosial media yang paling kuat Hasil postestnya yaitu Facebooklah yang mendapat dalam promosi? jawaban paling banyak karena sudah diadakan Cara apa yang dapat anda lakukan Hasil postestnya adalah menggunakan smartphone, agar foto produk anda mampu skill, lighting saat memfoto produk, ditambah prosuk menarik minat pembeli. pendukung dan menggunakan wallpaper. Jawaban dari responden lebih kompleks dan detail setelah diadakan Pelatihan Digital Marketing Untuk Peningkatan Promosi Produk Unggulan Daerah Bipang Tanjung Sakti JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT FORDICATE (INFORMATICS ENGINEERING DEDICATION) E-ISSN: 2809-2546 VOL 2. NO. 1 TAHUN 2022 Gambar 4. Kegiatan Pelaksanaan SIMPULAN Dari hasil dan pembahasan kegiatan pelatihan digital marketing di kecamatan tanjung sakti terlkasana dengan baik dan sangat dubutuhkab oleh peserta pelatihan. Dapat disimpulkan, berdasarkan hasil evaluasi sebagai berikut : Peserta dapat mengetahui cara membuat kemasan produk yang menarik Peserta dapat melakukan pemasran produk keunggulan daerah melaui media social dari smartphone yang dimiliki pada platform yang tersedia seperti Facebook. Instragram. Tik Tok dan website Untuk biaya pemasaran produk lebih hemat dan jangkauan pemasaran lebih luas DAFTAR PUSTAKA