Analisis Dinamika Persaingan dan Inovasi di Pasar Digital Indonesia Marissa Suhayla Program Studi Ekonomi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Andalas Kampus II Payakumbuh email: 2210542020_marissa@studentunand. ABSTRACT The digital market in Indonesia has rapidly grown in recent years, driven by high internet penetration and technological innovation. This study aims to analyze the dynamics of competition and innovation in this sector. Using qualitative and quantitative approaches, the research finds that technological innovations, such as artificial intelligence (AI) and big data, play a crucial role in the digital market's growth. However, challenges such as the digital divide and underdeveloped regulations still hinder the sector's advancement. The study recommends investing in technological infrastructure, improving digital literacy, and strengthening regulations to support the growth of Indonesia's digital market. Keywords: Digital market, technological innovation, competition, digital divide, regulation ABSTRAK Pasar digital di Indonesia telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir, didukung oleh penetrasi internet yang tinggi dan inovasi teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dinamika persaingan dan inovasi di sektor ini. Dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif, penelitian ini menemukan bahwa inovasi teknologi, seperti kecerdasan buatan (AI) dan big data, memainkan peran penting dalam pertumbuhan pasar digital. Namun, tantangan seperti kesenjangan digital dan regulasi yang belum matang masih menghambat perkembangan sektor Penelitian ini merekomendasikan investasi dalam infrastruktur teknologi, peningkatan literasi digital, dan penguatan regulasi untuk mendukung pertumbuhan pasar digital Indonesia Kata Kunci: Pasar Digital. Inovasi Teknologi. Persaingan. Kesenjangan Digital. Regulasi Dinamika persaingan dalam pasar digital PENDAHULUAN Indonesia sangat dipengaruhi oleh pemain lokal Dalam beberapa tahun terakhir, pasar maupun global yang bersaing ketat untuk pertumbuhan yang luar biasa, menjadi salah satu Tokopedia, sektor ekonomi paling dinamis dan menjanjikan di Bukalapak, dan Gojek telah memainkan peran Asia Tenggara. Transformasi digital ini didorong penting dalam membangun ekosistem digital yang oleh meningkatnya penetrasi internet dan adopsi Mereka bersaing melalui inovasi layanan, teknologi digital oleh masyarakat. Berdasarkan seperti penyediaan teknologi pembayaran digital, laporan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet pengiriman cepat, dan personalisasi pengalaman Indonesia (APJII)(Arianto, 2. , pada tahun pengguna(Sudaryo et al. , 2. Di sisi lain, 2023, pengguna internet di Indonesia telah pemain global seperti Amazon dan Alibaba juga mencapai lebih dari 200 juta orang, yang berarti lebih dari 70% populasi Indonesia kini terhubung menambah intensitas persaingan. Kompetisi ini dengan internet. Pertumbuhan ini memberikan tidak hanya peluang besar bagi perkembangan sektor digital, menciptakan tantangan baru, seperti monopoli termasuk e-commerce, fintech, dan layanan digital data, ketidakmerataan akses teknologi, dan lainnya, menjadikan Indonesia sebagai salah satu perlindungan konsumen(Melati et al. , 2. Indonesia pasar digital terbesar di kawasan ini(Aprilianti & Perusahaan- Shopee. Indonesia, mendorong inovasi, tetapi juga Inovasi teknologi menjadi salah satu Dina, 2. kunci dalam memenangkan persaingan di pasar Analisis Dinamika Persaingan dan Inovasi di Pasar Digital Indonesia A Marissa Suhayla Perusahaan-perusahaan di sektor ini semakin gencar mengadopsi teknologi seperti persaingan yang semakin ketat dengan perusahaan kecerdasan buatan (AI), big data, dan blockchain meningkatkan efisiensi, akurasi, dan Berdasarkan dinamika tersebut, analisis tentang persaingan dan inovasi di pasar digital Indonesia menjadi penting untuk dilakukan. produk yang lebih personal kepada konsumen. Kajian ini tidak hanya relevan untuk memahami sedangkan teknologi blockchain mulai diterapkan bagaimana aktor-aktor industri bersaing, tetapi untuk meningkatkan transparansi dan keamanan juga untuk mengevaluasi dampak dari inovasi Namun, terlepas dari adopsi teknologi teknologi terhadap pertumbuhan ekonomi digital yang pesat, tantangan terkait infrastruktur digital di Indonesia. Selain itu, penelitian ini diharapkan masih menjadi hambatan utama, terutama di dapat memberikan rekomendasi strategis bagi daerah-daerah Misalnya. Ketimpangan internet antara wilayah perkotaan dan pedesaan menciptakan kesenjangan digital yang signifikan, tantangan yang ada di pasar digital yang terus sehingga membatasi potensi pengembangan pasar berkembang(Rahman et al. , 2. digital di seluruh Indonesia(Rahman et al. , 2. Selain itu, perkembangan pasar digital Indonesia Dukungan II. METODE Tulisan ini dilakukan dengan pendekatan transformasi digital terlihat dari berbagai program dan regulasi, seperti Gerakan Nasional 1000 gambaran yang komprehensif mengenai dinamika Startup Digital, pengembangan UMKM berbasis persaingan dan inovasi di pasar digital Indonesia. digital, serta investasi besar-besaran dalam Pendekatan pembangunan infrastruktur teknologi informasi memahami perspektif aktor-aktor kunci dalam dan komunikasi (TIK). Namun, regulasi yang industri digital, sementara pendekatan kuantitatif belum sepenuhnya matang, terutama terkait akan membantu mengukur dampak inovasi dan perlindungan data pribadi dan persaingan usaha, masih menjadi tantangan yang harus diatasi untuk ini(Sudiantini et al. , 2. menciptakan ekosistem digital yang sehat dan Pengumpulan Data Pengumpulan data dalam berkelanjutan(Melati et al. , 2. kajian ini dilakukan melalui dua metode utama: Dalam konteks global, pasar digital Data Primer: Data primer akan diperoleh melalui Indonesia juga menghadapi tekanan dari tren wawancara mendalam dengan pelaku industri, internasional, seperti globalisasi data, perubahan seperti manajer perusahaan digital, regulator, dan kebijakan perdagangan digital, dan perkembangan teknologi yang cepat. Ketergantungan pada discussion (FGD) dengan pelaku UMKM yang teknologi asing menjadi salah satu risiko yang beralih ke platform digital juga akan dilakukan harus dikelola dengan baik untuk memastikan untuk mendapatkan wawasan terkait pengalaman perusahaan-perusahaan Indonesia. Selain itu. Selain mereka(Priyono & Sari, 2. Data Sekunder: Data sekunder akan diperoleh Analisis Dinamika Persaingan dan Inovasi di Pasar Digital Indonesia A Marissa Suhayla dari laporan resmi, seperti laporan APJII, e- Melalui pendekatan ini, diharapkan tulisan ini Conomy SEA oleh Google. Temasek, dan Bain dapat memberikan kontribusi yang berarti dalam & Company, serta publikasi akademik dan artikel memahami dinamika persaingan dan inovasi di pasar digital Indonesia, sekaligus memberikan masukan Teknik Analisis Data Data yang terkumpul akan strategis bagi pengembangan sektor ini di masa dianalisis dengan metode berikut: Analisis Kualitatif: Hasil wawancara dan diskusi dinamika persaingan di pasar digital Indonesia akan dianalisis menggunakan metode coding didominasi oleh strategi inovasi yang agresif dari tematik untuk mengidentifikasi pola-pola utama perusahaan-perusahaan dalam dinamika persaingan dan inovasi. Perusahaan-perusahaan lokal seperti Gojek dan Analisis Kuantitatif: Data statistik yang diperoleh Tokopedia telah berhasil mempertahankan posisi dari laporan akan dianalisis menggunakan regresi linier dan model ekonometrik lainnya untuk terintegrasi, menawarkan berbagai layanan dalam satu platform(Sirodjudin & Sudarmiatin, 2. pertumbuhan pasar digital. Hasil Di sisi lain, pemain global seperti Shopee Studi Kasus Tulisan ini juga akan menggunakan mengandalkan kampanye pemasaran besar-besaran pendekatan studi kasus untuk menggali lebih dan subsidi promosi untuk menarik konsumen. dalam strategi dan inovasi dari beberapa Analisis kuantitatif menunjukkan bahwa perusahaan digital terkemuka di Indonesia, adopsi teknologi seperti AI dan big data memiliki seperti Tokopedia. Gojek, dan Shopee. Studi kasus ini akan membantu memberikan contoh pertumbuhan pasar digital. Contohnya, penerapan algoritma personalisasi di platform e-commerce perusahaan tersebut bersaing dan berinovasi mampu meningkatkan tingkat konversi hingga 25%. dalam pasar yang dinamis. Namun, tantangan seperti ketimpangan akses Validasi Data Validasi data dilakukan dengan internet dan kurangnya literasi digital masih menjadi triangulasi metode, yaitu membandingkan hasil hambatan utama yang harus diatasi. Dari mengkonfirmasi temuan melalui diskusi dengan mengindikasikan bahwa kebijakan pemerintah yang pakar industri. mendukung inovasi, seperti insentif pajak untuk Kerangka Analisis Tulisan ini menggunakan Organisasi Industri startup teknologi dan pengembangan infrastruktur (Industrial digital, telah memberikan dampak positif terhadap Organizatio. dan teori Inovasi Disruptif sebagai ekosistem digital. Namun, regulasi yang lebih ketat kerangka analisis utama. Teori Organisasi terkait perlindungan data pribadi dan praktik Industri akan membantu menjelaskan struktur monopoli diperlukan untuk menjaga keberlanjutan pasar, perilaku pelaku usaha, dan dampak pasar(Mariam & Ramli, 2. kebijakan regulasi, sedangkan teori Inovasi Disruptif i. Hasil dan Pembahasan Dinamika persaingan di pasar digital(Maimuna et al. Indonesia Pertumbuhan Pasar Digital Indonesia Persaingan Pasar Digital Analisis Dinamika Persaingan dan Inovasi di Pasar Digital Indonesia A Marissa Suhayla Pasar digital Indonesia menunjukkan perkembangan teknologi yang cepat(Ardhana tren pertumbuhan yang sangat signifikan et al. , 2. dalam beberapa tahun terakhir. Berdasarkan laporan dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Inovasi di Pasar Digital Indonesia Internet Indonesia (APJII), jumlah pengguna Faktor Pendorong Inovasi internet Indonesia mencapai lebih dari 200 Inovasi juta pada 2023, dengan penetrasi internet sangat penting untuk menjaga daya saing di pasar digital Indonesia. Inovasi ini tidak hanya menyebabkan ekspansi pesat dari berbagai terbatas pada pengembangan teknologi, tetapi sektor digital, termasuk e-commerce, fintech, juga pada model bisnis dan pengalaman dan layanan streaming. Berdasarkan data dari Misalnya, dalam sektor fintech, eMarketer e-commerce inovasi dalam sistem pembayaran digital. Indonesia diperkirakan akan mencapai nilai seperti OVO dan DANA, memungkinkan transaksi sebesar USD 56 miliar pada tahun pengguna untuk melakukan transaksi dengan 2025(Hasbullah, 2. lebih mudah dan cepat. Melalui pengembangan Struktur Pasar dan Persaingan fitur seperti pembayaran menggunakan QR Pertumbuhan Pada sektor e-commerce, persaingan Code dan integrasi dengan e-commerce, fintech antara pemain besar seperti Tokopedia. Indonesia mengalami lonjakan pengguna yang Bukalapak. Shopee, dan Lazada semakin Berdasarkan laporan dari Fintech News . , penggunaan pembayaran digital memanfaatkan keunggulan mereka dalam di Indonesia diperkirakan tumbuh sebesar 30% pada tahun 2024. Setiap distribusi logistik untuk menarik konsumen. Teknologi yang Mendorong Inovasi Menurut laporan Nielsen . , perusahaan- Teknologi menjadi pendorong utama perusahaan ini memperkenalkan berbagai inovasi di sektor digital. Penggunaan big data, inovasi seperti pengiriman gratis, cashback, kecerdasan buatan (AI), dan blockchain serta fitur pembayaran yang mempermudah memberikan peluang baru bagi perusahaan transaksi pengguna. untuk meningkatkan efisiensi operasional dan Tantangan dalam Persaingan personalisasi layanan. Misalnya, platform e- Meskipun Indonesia commerce seperti Tokopedia dan Bukalapak dinamika persaingan. Salah satu tantangan menyesuaikan penawaran produk secara real- Dalam infrastruktur internet yang belum merata, penggunaan aplikasi seperti Halodoc dan terutama di daerah-daerah terpencil. Selain Alodokter untuk konsultasi medis jarak jauh itu, ketidakpastian regulasi terkait pajak dan mengubah cara orang mengakses layanan perlindungan data pribadi menjadi hambatan bagi beberapa pemain digital, mengingat COVID-19(Kamal & Apriani, 2. peraturan yang tidak selalu sesuai dengan Inovasi di Sektor Lain Analisis Dinamika Persaingan dan Inovasi di Pasar Digital Indonesia A Marissa Suhayla Sektor lain seperti pendidikan . dan menciptakan talenta digital yang kompeten sangat penting untuk mendukung pertumbuhan sektor . digital(Ardhana et al. , 2. Platform pendidikan online seperti Ruangguru Infrastruktur dan Konektivitas dan Zenius memperkenalkan fitur-fitur baru Infrastruktur untuk mendukung pembelajaran jarak jauh, menjadi kunci keberhasilan dalam mendukung sementara di sektor kesehatan, perusahaan persaingan dan inovasi. Sektor e-commerce dan seperti Halodoc mengintegrasikan teknologi AI fintech, misalnya, sangat bergantung pada jaringan untuk mendiagnosis penyakit secara lebih internet yang cepat dan stabil. Meskipun ada Inovasi sektor-sektor didorong oleh kebutuhan untuk memberikan infrastruktur internet, masih ada kesenjangan besar solusi yang lebih efisien dan terjangkau bagi antara daerah perkotaan dan pedesaan dalam hal konsumen(Kamilawati et al. , 2. aksesibilitas internet. Hal ini dapat mempengaruhi Faktor Mempengaruhi Dinamika Persaingan dan Inovasi digital(Kamal & Apriani, 2. Peran Kebijakan Pemerintah Kebijakan IV. Kesimpulan Dinamika mendukung inovasi di pasar digital. Pemerintah Indonesia menunjukkan bahwa pasar ini sangat Indonesia, melalui inisiatif seperti Gerakan kompetitif dengan banyaknya pemain besar yang Nasional 100 Smart City dan program 100 berusaha untuk mempertahankan posisi mereka. Startup Digital, telah mendorong transformasi Perusahaan-perusahaan ini harus terus berinovasi digital di berbagai sektor. Namun, regulasi agar dapat tetap relevan dengan permintaan yang tidak konsisten dalam hal pajak digital dan konsumen yang berubah-ubah. Inovasi dalam perlindungan data pribadi dapat menjadi teknologi, model bisnis, dan pengalaman pengguna penghambat bagi pemain baru. Menurut menjadi faktor utama yang mendorong kesuksesan di laporan World Bank . , kebijakan yang pasar digital. lebih jelas dan terkoordinasi dapat membantu Perusahaan yang mampu memanfaatkan menciptakan ekosistem yang lebih sehat bagi teknologi terbaru, seperti AI, big data, dan inovasi di Indonesia. blockchain, memiliki peluang lebih besar untuk Ketersediaan Sumber Daya Manusia memenangkan persaingan. Pemerintah Indonesia Faktor lain yang mempengaruhi dinamika pasar digital adalah ketersediaan sumber daya mendukung untuk sektor digital, termasuk regulasi manusia yang terampil dalam teknologi. Menurut yang jelas tentang perlindungan data pribadi dan laporan McKinsey . , meskipun Indonesia memiliki potensi pasar yang besar, kekurangan pembangunan infrastruktur di daerah non-perkotaan tenaga ahli dalam bidang teknologi informasi dan dan peningkatan kualitas SDM digital akan sangat digitalisasi masih menjadi hambatan utama dalam penting dalam menciptakan ekosistem digital yang mempercepat transformasi digital. Oleh karena itu, investasi dalam pendidikan dan pelatihan untuk Selain Analisis Dinamika Persaingan dan Inovasi di Pasar Digital Indonesia A Marissa Suhayla PASAR DI INDONESIA. Jurnal Intele. https://jicnusantara. com/index. php/jicn/article Daftar Pustaka