Jurnal VISUALIKA | STMIK Muhammadiyah Jakarta Vol. No. Oktober 2022, hlm. 114 - 129 P-ISSN E-ISSN 2745-584X SISTEM INFORMASI E-LEARNING PADA SDIT BUAHATI ISLAMIC SCHOOL 2 Tarisno Amijoyo1. Indah Mus Ety2 STMIK Muhammadiyah Jakarta. Jl. Kelapa Dua Wetan Ciracas No. Jakarta. Indonesia STMIK Muhammadiyah Jakarta. Jl. Kelapa Dua Wetan Ciracas No. Jakarta. Indonesia ahbibadil@gmail. com, 2indahmusety2909@gmail. Abstrak Aplikasi e-learning merupakan aplikasi pembelajaran yang digunakan untuk proses kegiatan bimbingan belajar bagi guru dan siswa. E-learning ini dibuat karena belum adanya fasilitas pembelajaran online yang dapat menunjang kemajuan pendidikan di SDIT Buahati Islamic School 2. Permasalahan yang sering dihadapi adalah kurang efektifnya proses belajar mengajar akibat siswa sakit, guru yang memiliki urusan lain, dan sebagainya. Sehingga perlu dibuat sebuah aplikasi pembelajaran online atau e-learning untuk mempermudah proses belajar mengajar agar tetap dapat dilaksanakan walaupun banyak hari yang tidak Metode penelitian penelitian yang dilakukan dengan melakukan pengamatan langsung terhadap sistem yang berlaku. Dalam perancangan sistem e-learning pada SDIT Buahati Islamic School 2, penulis menggunakan metode proses waterfall yang meliputi Analysis. Design. Implementation. Testing dan Maintenance. Hasil dan penelitian, keberadaan e-learning dapat membantu proses belajar mengajar menjadi lebih optimal. Memudahkan guru untuk dapat mendistribusikan materi pelajaran untuk siswa di SDIT Buahati Islamic School 2. Dapat dengan mudah mendapatkan materi E-learning ini dapat digunakan sebagai media diskusi tambahan untuk membahas materi pelajaran yang belum selesai dan dapat mengerjakan soal ujian pilihan ganda dan mengumpulkan tugas yang diberikan oleh guru. Kata kunci: sistem informasi, e-learning. SDIT buahati school 2 PENDAHULUAN Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang sangat pesat mendorong berbagai lembaga pendidikan khususnya SDIT Buahati Islamic School 2 memanfaatkan sistem e-learning untuk meningkatkan efektivitas dan fleksibilitas pembejaran. Selama ini semua proses pembejaran di SDIT Buahati Islamic School 2 masih bersifat konvensional, dengan kata lain bahwa proses belajar mengajar antara siswa dengan guru hanya dapat dilakukan dengan syarat terjadinya pertemuan antara siswa dengan guru di dalam kelas. Jika pertemuan antara siswa dengan guru tidak terjadi atau guru yang bersangkutan tidak hadir dan waktu pembelajar yang dibatesi pihak sekolah, maka secara otomatis proses pembelajaran pun akan terhambat. Selain itu proses transfer ilmu pengetahuan sepenuhnya dilakukan di dalam kelas. Keadaan seperti ini sangat jelas dapat menghambat proses pembelajaran maupun pendistribusian materi antara siswa dengan guru di SDIT Buahati Islamic School 2 yang dapat mengakibatkan berkurangnya pemahaman siswa terhadap suatu materi pelajaran. Jurnal VISUALIKA | STMIK Muhammadiyah Jakarta Vol. No. Oktober 2022, hlm. 114 - 129 P-ISSN E-ISSN 2745-584X Maka perlu dibuatkan suatu aplikasi e-learning berbasis web yang dapat diakses kapan saja dan dimana saja sehingga mendukung proses pendidikan di SDIT Buahati Islamic School 2. 1 Identifikasi Masalah Berdasarkan pengamatan yang penulis lakukan, masalah di fokuskan kepada bagaimana membuat perancangan aplikasi yang bisa digunakan sebagai solusi dari masalah yang ada pada objek penelitian tersebut. Sehingga penulis dapat mengidentifikasi permasalahan sebagai berikut: Selama ini semua proses pembejaran di SDIT Buahati Islamic School 2 masih bersifat Belum adanya sistem aplikasi pembelajaran seperti Ujian, diskusi dan materi pelajaran dalambentuk online atau e-learning. 2 Batasan Masalah Berdasarkan rumusan permasalahan di atas, penulis akan membatasi ruang lingkup permasalahan yang akan diteliti. ruang lingkup akan dibatasi sebagai berikut: Sistem perancangan e-learning ini dibuat pada SDIT Buahati Islamic School 2 kelas 1 e-learning sekolah meliputi data Siswa, data guru, data nilai, ujian online, download upload materi pelajaran, tugas, dan forum diskusi sekligus absensi siswa. Sistem dibuat menggunakan bahasa pemrograman Vue. Js dan databasenya dengan MySQL berbasis web. 3 Landasan Teori 1 Sistem Menurut Drs. Zulkifli Amsyah. MLS. ada beberapa definisi mengenai sistem, tetapi definisi dari kamus websterAos Unabridged lebih mendekati dengan keperluan. Definisi tersebut adalah sebagai berikut : AuSistem adalah elemen - elemen yang saling berhubungan membentuk satu kesatuan atau organisasiAy. 2 Sistem Informasi Sistem informasi adalah data yang dikumpulkan, dikelompokkan dan diolah sedemikian rupa sehingga menjadi sebuah satu kesatuan infromasi yang saling terkait dan saling mendukung sehingga menjadi suatu informasi yang selain terkait dan saling mendukung sehingga menjadi suatu informasi yang berharga bagi yang menerimanya. 3 Pembelajaran Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Pembelajaran merupakan bantuan yang diberikan pendidik agar dapat terjadi proses pemerolehan ilmu dan pengetahuan, penguasaan kemahiran, serta pembentukan sikap dan kepercayaan pada peserta didik. Dengan kata lain, pembelajaran adalah proses untuk membantu peserta didik agar dapat belajar dengan Proses pembelajaran dialami sepanjang hayat seorang manusia serta dapat berlaku di manapun dan kapanpun. Pembelajaran mempunyai pengertian yang mirip dengan pengajaran, walaupun mempunyai konotasi yang berbeda. 4 E-Learning E-learning merupakan suatu jenis belajar mengajar yang memungkinkan tersampaikanya bahan ajar ke siswa dengan media internet, atau media jaringan komputer lainya. E-learning dapat didefinisikan sebagai Auinstruction delivered on digital device such as a computer or mobile device that intended to support learningAy. Yaitu pengajaran Tarisno Amijoyo. Indah Mus Ety Jurnal VISUALIKA | STMIK Muhammadiyah Jakarta Vol. No. Oktober 2022, hlm. 114 - 129 P-ISSN E-ISSN 2745-584X disampaikan melalui alat digital komputer atau perangkat mobile . elephone genggam, smartphone, tablet PC, dsb ) yang dimaksudkan untuk mendukung proses pembelajaran. E-learning merupakan pembelajaran jarak jauh . istance Learnin. yang memanfaatkan teknologi internet. E-Learning memungkinkan siswa untuk belajar melalui komputer di tempat masing-masing tana harus secara fisik mengikuti pelajaran di kelas. E-learning adalah proses belajar secara efektif yang dihasilkan dengan cara menggabungkan penyampaian materi secara digital yang terdiri dari dukungan, dan layanan dalam belajar. 5 Website Website atau situs dapat diartikan sebagai kumpulan halaman-halaman yang digunakan untuk menampilkan informasi teks, gambar diam atau gerak, animasi suara, atau gabungan dari semuanya, baik bersifat statis ataupun dinamis yang membentuk satu rangkain bangunan yang saling terkait, yang masing-masing dihubungkan dengan jaringanjaringan halaman. Hubungan antara satu halaman web dengan halaman web yang lainnya disebut Hyperlink, sedangkan teks yang dijadikan media penghubung disebut Hypertext. 6 Vue. Vue JS adalah salah satu framework atau library dari JavaScript yang digunakan untuk untuk membuat tampilan . pada website agar tampak lebih interaktif. Fungsi lain dari Vue JS adalah membuat SPA (Single Page Applicatio. Apabila digunakan pada arsitektur MVC (Model Ae View Ae Controlle. , maka Vue JS menempati pada posisi View yang berjalan di sisi front end. METODE PENELITIAN Metode pengembangan sistem ini adalah suatu teknis atau cara mencari, memperoleh, mengumpulkan atau mencatat data, baik berupa metode waterfall yang digunakan untuk keperluan menyusun suatu karya ilmiah dan kemudian menganalisa fakta- fakta yang berhubungan dengan pokok permasalahan, sehingga akan terdapat suatu kebenaran dari masalah tersebut. Requirement Design Implementation Testing Maintenance Gambar 1. Metode Waterfall menurut Pressman. , & Roger,S 117 Sistem Informasi E-Learning pada SDIT Buahati Islamic School 2 Jurnal VISUALIKA | STMIK Muhammadiyah Jakarta Vol. No. Oktober 2022, hlm. 114 - 129 P-ISSN E-ISSN 2745-584X Tahapan metode waterfall Analysis Mengumpulkan kebutuhan data untuk perbandingan dan perkembangan sistem yang akan dibuat keseluruhan, yang kemudian dianalisa kelayakanya untuk dijadikan metode dalam pembangunan sistem informasi manajemen parker. Design Proses desain menterjemahkan kebutuhan pengguna dalam sebuah tampilan dan program yang dapat diperkirakan kualitas sebelum proses coding dimulai. Pada tahapinimenggunakan model DFD (Data Flow Diagra. sebagai cerminan pembuatan Implementation Tahap ini system pertama kali dikembangkan di program kecil disebut unit, yang intergritas dalam tahap berikutnya, setiap unit dikembangkan dan diuji untuk di fungsionalkan yang disebut sebagai unit testing. Testing Pengujian sistem yang telah selesai dirancang menggunakan blackbox testing. Yang menganggap aplikasi sebuah kotak hitam yang hanya berfokus pada hasil eksekusi melalui data uji dan memeriksa fungsional dari perangkat lunak. Maintenance Tahap akhir dalam model waterfall. Perangkat lunak yang sudah jadi, dijalankanserta dilakukan pemeliharaan. Pemeliharaan termasuk dalam memperbaiki kesalahan yang tidak ditemukan pada langkah sebelumnya. Perbaikan implementasi unit system dan peningkatan jasa system sebagai kebutuhan baru. HASIL 1 Implementasi Sistem Scane Login Prosess pembuatan pada Scane Login adalah menampilkan proses login bertuliskan Ay Selamat Datang E-Learning SDAy. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada Gambar 1. Tarisno Amijoyo. Indah Mus Ety Jurnal VISUALIKA | STMIK Muhammadiyah Jakarta Vol. No. Oktober 2022, hlm. 114 - 129 P-ISSN E-ISSN 2745-584X Gambar 2. Screenshot Login Scane Halaman Utama Scane Halaman Utama berisi 3 menu yaitu. Master Mata Pelajaran. Master Murid dan Master Guru dan Keluar dari menu website tersebut akan terhubung ke scane yang dituju. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada Gambar 2. Gambar 3. Screenshot Halaman Utama PEMBAHASAN 1 Requirement Analysis 1 Analisis Kebutuhan Perangkat Keras (Hardwar. Tabel 1. Kebutuhan Perangkat Keras (Hardwar. Jenis Prosesor RAM Penyimpanan Hardware Hardware Hardware Sistem Operasi Nama Hardware Processor Intel(R) Core(TM) i3- 3. 40 GHz. Memori RAM 4GB Hardisk 500 GB Mouse Office Series Keyboard Office Series Monitor 20Aoinc Sistem Operasi Windows 8 119 Sistem Informasi E-Learning pada SDIT Buahati Islamic School 2 Jurnal VISUALIKA | STMIK Muhammadiyah Jakarta Vol. No. Oktober 2022, hlm. 114 - 129 P-ISSN E-ISSN 2745-584X 2 Analisis Kebutuhan Perangkat Lunak (Softwar. Tabel 2. Kebutuhan Perangkat Lunak (Softwar. Jenis Software Database Operation System Nama Software Sublime Text 3 Xampp local server Php Myadmin Windows 8 64bit 3 Analisa Sistem Yang Berjalan Sistem pembelajaran yang saat ini di gunakan oleh SMP Negeri 2 Bongas Indramayu terbagai dua prosedur yaitu : Prosedur pengolahan pemberian materi pada SMP Negeri 2 Bongas Indramayu adalah sebagai berikut : Guru membuat ringkasan materi pelajaran dari silabus dan buku materi pelajaran yang ada kemudian memberikannya kepada siswa. Guru menerangakan materi yang sudah diberikan kepada siswa tersebut. Siswa memperhatikan guru ketika menerangkan dengan memahami materi yang Ketika materi sudah selesai diterangkan, siswa diberi waktu untuk bertanya jika ada materi yang kurang jelas. Jika siswa yang bertanya maka guru menjawab pertanyaan tersebut dan kembali menerangkan materi yang sudah diterangkan Jika tidak ada pertanyaan maka materi selesai dipelajari. Tarisno Amijoyo. Indah Mus Ety Jurnal VISUALIKA | STMIK Muhammadiyah Jakarta Vol. No. Oktober 2022, hlm. 114 - 129 P-ISSN E-ISSN 2745-584X Proses Sistem pemberian materi Guru Siswa Mulai Silabus Materi Buku Materi Pelajaran Ringkas Materi Pelajaran Mencatat Materi Pelajaran Catatan Materi Pelajaran Arsip Catatan Materi Pelajaran ( Sisw. Selesai Gambar 3. Flowchart Sistem pemberian materi Prosedur pengolahan pemberian tugas pada SMP Negeri 2 Bongas Indramayu adalah sebagai berikut : Guru membuat tugas, kemudian diberikan kepada siswa. Siswa mengerjakan tugas tersebut hingga selesai. Kemudian tugas tersebut diberikan kepada guru untuk diperiksa. Guru menerima tugas yang sudah dikerjakan siswa, lalu guru mencocokan dengan jawaban yang sudah guru buat. Setelah jawaban tugas siswa selesai diperiksa, kemudian guru memberikan nilai dan memasukkan nilai ke arsip nilai tugas siswa. Selanjutnya soal berserta isi jawaban yang sudah di nilai tersebut dikembalikan lagi kepada siswa. 121 Sistem Informasi E-Learning pada SDIT Buahati Islamic School 2 Jurnal VISUALIKA | STMIK Muhammadiyah Jakarta Vol. No. Oktober 2022, hlm. 114 - 129 P-ISSN E-ISSN 2745-584X Sistem pemberian tugas Guru Siswa Mulai Membuat Soal Soal Tugas Mengerjakan Tugas Tugas Yang Sudah Dikerjakan Koreksi Tugas Rekap Nilai Nilai Selesai Gambar 4. Flowchart Sistem pemberian tugas Analisa Sistem Yang Diusulkan Sistem yang diusulkan berbasis website menggunakan bahasa pemprograman PHP dan menggunakan database MYSQL dengan sistem multiuser. Penggunaan website dapat mengefesiensikan waktu serta mempermudah bagian tata usaha, guru dan siswa dalam mengelolah data seperti data guru, data siswa, data materi pelajaran, data ujian, data absensi dan data nilai. Gambaran sistem usulan dapat dibagi menjadi dua bagian yaitu : Tarisno Amijoyo. Indah Mus Ety Jurnal VISUALIKA | STMIK Muhammadiyah Jakarta Vol. No. Oktober 2022, hlm. 114 - 129 P-ISSN E-ISSN Admin Guru Mulai Mulai Mulai Data materi Data Guru Data murid Data Modul Download Materi Input ke Sistem 2745-584X Siswa Upload Materi Dokumen modul Input Database Selesai Gambar 5. Flowchart Belajar 2 Design System 1 Design Diagram Konteks Untuk memperjelas gambaran sistem yang baru dalam hal perancangan sistem pembelajaran e-learning, maka dapat dilihat dari diagram konteks pada gambar berikut : 123 Sistem Informasi E-Learning pada SDIT Buahati Islamic School 2 Jurnal VISUALIKA | STMIK Muhammadiyah Jakarta Vol. No. Oktober 2022, hlm. 114 - 129 P-ISSN E-ISSN 2745-584X Data_Login Admin Data_Login Guru Data_Materi Data_Materi Data_Siswa Data_profile Data_Guru Admin Info_Login Guru Info_Materi Info_profile Info_Login Admin Info_materi Info_Siswa Guru Info_Guru Siswa Info_profil Data_profil Info_matri Info_Login Siswa Data_materi Data_Login Siswa Gambar 6. Diagram Konteks Dari diagram diatas dapat dilihat bahwa admin memegang penuh semua data yang Guru hanya dapat mengakses data Aedata tertentu seperti yang tertulis digambar, begitu juga halnya siswa, dia hanya dapat mengakses data Ae data tertentu. Tarisno Amijoyo. Indah Mus Ety Jurnal VISUALIKA | STMIK Muhammadiyah Jakarta Vol. No. Oktober 2022, hlm. 114 - 129 2 Design Entity Reasonal Diagram (ERD) Gambar 7. Entenity Relastionship Diagram 125 Sistem Informasi E-Learning pada SDIT Buahati Islamic School 2 P-ISSN E-ISSN 2745-584X Jurnal VISUALIKA | STMIK Muhammadiyah Jakarta Vol. No. Oktober 2022, hlm. 114 - 129 P-ISSN E-ISSN 2745-584X 3 Design Interface Design Interface Login Berikut merupakan rancangan dari tampilan login e-learning. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada Gambar 8. Gambar 8. Rancangan Login Rancangan Halaman Utama Tampilan halaman utama dirancang dengan fitur yang menarik dan menggunakan warna utama biru dan cahaya yang cukup agar memudahkan pengguna dalam pengoprasiannya . ser interfac. Halaman utama ini merupakan halaman yang dapat membatu user untuk menuju ke halaman-halaman menu selanjutnya. Halaman Utama yang terdiri dari 3 sub menu utama yaitu Master Mata Pelajaran. Master Murid dan Master Guru. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada Gambar 9. Gambar 9. Rancangan Halaman Utama Tarisno Amijoyo. Indah Mus Ety Jurnal VISUALIKA | STMIK Muhammadiyah Jakarta Vol. No. Oktober 2022, hlm. 114 - 129 P-ISSN E-ISSN 2745-584X 4 Pengujian (Testin. Berikut adalah rencana pengujian yang dilakukan pada aplikasi E-Learning di SMP Negeri 2 Bongas yaitu dengan menggunakan data uji berupa Black box testing. Pengujian ini terdiri dari pengujian admin, pengujian guru dan pengujian siswa. Berikut pengujian login dapat dilihat pada tabel dibawah ini. Tabel 3. Hasil Pengujian Login dan Logout Sub Modul Login Logout Skenario Uji Login (Bena. Login (Sala. Logout Espektasi hasil Hasil Masuk ke halaman beranda Sesuai Tampil pesan login salah Sesuai Kembali ke menu login Sesuai Tabel 4. Hasil Pengujian User Admin Sub Modul Skenario Uji Tambah kelas Edit kelas Input kelas berhasil Cari kelas Cari kelas berhasil Hapus kelas Hapus kelas Edit kelas berhasil Input siswa berhasil Tambah siswa Input siswa gagal Edit siswa berhasil Edit siswa Cari siswa Hapus siswa Edit siswa gagal cari siswa berhasil Hapus siswa Input guru berhasil Tambah guru Input guru gagal Edit guru berhasil Edit guru Cari guru Hapus guru Tambah KBM Edit guru gagal cari guru berhasil Hapus guru Input KBM berhasil Input KBM gagal Edit KBM berhasil Edit KBM Cari KBM Hapus KBM Edit KBM gagal cari KBM berhasil Hapus KBM Espektasi hasil Hasil Data kelas tersimpan di database Data kelas sebelumnya ditampilkan dan diupdate Data kelas dengan masukan nomor kelas akan muncul Muncul konfirmasi dan data kelas Data siswa tersimpan di database Data siswa tidak tersimpan di Data siswa sebelumnya ditampilkan dan diupdate Data siswa tidak muncul atau data tidak tersimpan Data siswa muncul dipencarian Muncul konfirmasi dan data siswa terhapus Data guru tersimpan di database Data guru tidak tersimpan di Data guru sebelumnya ditampilkan dan diupdate Data guru tidak muncul atau data tidak tersimpan Data guru muncul dipencarian Muncul konfirmasi dan data guru Data KBM tersimpan di database Data KBM tidak tersimpan di Data KBM sebelumnya ditampilkan dan diupdate Data KBM tidak muncul atau data tidak tersimpan Data KBM muncul dipencarian Muncul konfirmasi dan data KBM Sesuai 127 Sistem Informasi E-Learning pada SDIT Buahati Islamic School 2 Sesuai Sesuai Sesuai Sesuai Sesuai Sesuai Sesuai Sesuai Sesuai Sesuai Sesuai Sesuai Sesuai Sesuai Sesuai Sesuai Sesuai Sesuai Sesuai Sesuai Sesuai Jurnal VISUALIKA | STMIK Muhammadiyah Jakarta Vol. No. Oktober 2022, hlm. 114 - 129 P-ISSN E-ISSN 2745-584X Tabel 5. Hasil Pengujian User Siswa Sub Modul Download Materi Dan Tugas Skenario Uji Mendownload materi dan Tugas Espektasi hasil Mendownload materi dan Tugas Hasil Sesuai Tabel 6. hasil Pengujian User Guru Sub Modul Skenario Uji Upload Materi dan Tugas Upload materi dan Tugas berhasil Upload siswa gagal Cari Materi cari materi berhasil Espektasi hasil tambah materi Tugas berhasil Data materi tidak tersimpan di Data materi muncul dipencarian Hasil Sesuai Sesuai Sesuai 5 Maintenance (Pemeliharaa. 1 Back Up Data Membackup data penting dilakukan untuk menghindari kehilangan data jika terjadi masalah pada penyimpanan data pada server. Lain halnya jika teratur membackup data sehingga apabila terjadi masalah, masih ada data yang bisa digunakan untuk pemulihan. Adapun langkah yang dilakukan admin masuk kedalam System MySql PHP MyAdmin kemudian mengeksport database ke media penyimpanan yang lain. Seperti dalam Gambar Gambar 10. Back Up Data Manajemen keamanan E-learning Manajemen keamanan perlu diperhatikan dalam membangun sebuah e-learning berbasis website. Semua celah keamanan sebisa mungkin diminimalisir dengan standar keamanan yang sudah ada dan sebisa mungkin ditingkatkan dengan selalu memperbarui Username dan Password yang dimiliki oleh User dengan hak akses yang berbeda. Seperti pada Gambar 11. Tarisno Amijoyo. Indah Mus Ety Jurnal VISUALIKA | STMIK Muhammadiyah Jakarta Vol. No. Oktober 2022, hlm. 114 - 129 P-ISSN E-ISSN 2745-584X Gambar 11. Login Pengguna 5 PENUTUP 2 Kesimpulan Berdasarkan analisa dan perancangan sistem dan pengujian sistem maka dapat disimpulkan bahwa : Dalam aplikasi ini materi yang disajikan terdapat Materi Pelajaran. Soal Ae soal ujian, diskusi murid dan guru. Penggunaan aplikasi dapat di operasikan oleh user baik guru maupun siswa Sekolah Menengah Pertama sebagai media pendukung pembelajaran yang diberi oleh guru. Saran Aplikasi Pengembangan Pembelajaran E-Learning, tidak luput dari kesalahan dan kekurangan, adapun saran yang dapat penulis sampaikan adalah sebagai berikut : Layaknya E-Learning lainnya. Pembelajaran E-Learning Berbasis Website dapat dikembangkan atau diperbarui seiring dengan kebutuhan pengguna. Penggembangan baik pada desain aplikasi maupun isi. Apabila ada pembaharuan sistem, sehingga aplikasi ini tidak dapat berjalan dengan baik, sehingga perlu adanya pembaharuan dengan versi yang lebih baru dan disesuaikan dengan sistem yang ada. Segala kritik dan saran dalam membangun aplikasi ini sangat kami harapkan. Perlunya menambahkan fasilitas video conference agar aplikasi lebih optimal lagi. DAFTAR PUSTAKA