JURNAL KOMUNIKASI DIGITAL - DIGICATION STRATEGI PEMASARAN KUALI KUNING DALAM MENARIK MINAT BELI PUBLIK ANGELICA KRISTIN THERESIA MARPAUNG ALAMAT INSTITUSI Universitas Kristen Indonesia Jalan Mayor Jendral No. 2 Cawang. Kramat Jati. Jakarta Timur EMAIL PENULIS angelicatheresiaa@gmail. ABSTRAK Kuali Kuning adalah usaha masakan rumahan nasi bakar yang sudah ada sejak awal Maret 2022. Kuali Kuning ini didirikan oleh Melati Sesilia seorang influencer dan alumni grup musik JKT48. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran dan bagaimana evaluasi strategi pemasaran Kuali Kuning dalam menarik minat beli publik. Strategi pemasaran adalah salah satu metode untuk memperkenalkan produk kepada konsumen. Penelitian ini menggunakan teori Marketing mix 4p. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Strategi produk Kuali Kuning yaitu melakukan manajemen bahan baku yang baik, memberikan pelayanan kepada konsumen tanpa adanya diskriminasi, memilih packaging yang dapat mempermudah pembelian melalui online. Strategi harga Kuali Kuning adalah dengan memberikan harga yang terjangkau tetapi memiliki kualitas produk yang baik. Strategi tempat atau distribusi yang dilakukan oleh Kuali Kuning nasi bakar dalam menarik minat beli pelanggan adalah dengan memilih lokasti outlet yang strategis dan mendistribusikan produk nya melalui platform digital seperti Grab. Gojek, dan Shopee. Strategi promosi oleh Kuali Kuning nasi bakar dalam menarik minat beli pelanggan yaitu dengan melakukan periklanan dan hubungan masyarakat melalui media sosial TikTok, serta penjualan personal. Kata Kunci: Strategi Pemasaran dan Minat Beli Publik. ABSTRACT Kuali Kuning is a grilled rice home cooking business that has been around since early March 2022. This Yellow Kauli was founded by Melati Sesilia, an influencer and alumnus of the music group JKT48. The purpose of this study is to find out how the marketing strategy is and how to evaluate the marketing strategy of the Yellow Cauldron in attracting public buying interest. Marketing strategy is one of the methods to introduce promotions to consumers. This research uses the 4p Marketing mix theory . The promotion strategy of the Yellow Pot is to carry out good raw material management, provide services to consumers without discrimination, choose packaging that can make it easier to buy online. The price strategy of the Yellow Pan is to provide an affordable price but have good promotion quality. The location or distribution strategy carried out by Kuali Kuning nasi bakar in attracting customers' buying interest is to choose strategic outlet locations and distribute its promotions through digital platforms such as Grab. Gojek, and Shopee. The promotional strategy by Kuali Kuning JURNAL KOMUNIKASI DIGITAL - DIGICATION nasi bakar in attracting customer buying interest is by doing advertising and public relations through TikTok social media, as well as personal sales. Keywords: Marketing Strategy and Public Purchase Interest. PENDAHULUAN Kuali Kuning merupakan sebuah usaha masakan rumahan nasi bakar yang sudah ada sejak awal Maret 2022. Kuali kuning ini didirikan oleh Melati Sesilia yang merupakan influencer dan alumni grup musik JKT48. Setelah Melati mengakhiri perjalanan karirnya pada tahun 2020 di grup musik JKT48. Berdasarkan observasi awal. Melati memulai membangun bisnis masakan rumahan kuali kuning nasi bakar dengan tim yang terdiri dari keluarganya yaitu Ibu dan saudara laki-lakinya. Tabel 1. Data omset kuali kuning nasi bakar per Januari-Desember 2023 Bulan Omset Januari Rp 30. Februari Rp 34. Maret Rp 36. April Rp 40. Mei Rp 49. Juni Rp 88. Juli Rp 95. Agustus Rp 122. September Rp 130. Oktober Rp 150. November Rp 200. Desember Rp 223. Sumber : Olahan Peneliti Omset penjualan kuali kuning nasi bakar selama tahun 2023 meningkat. Hal tersebut adalah hasil dari melakukan strategi pemasaran yang tepat dan optimal. Dengan melakukan strategi pemasaran yang tepat maka dapat mendorong kenaikan omset suatu Strategi pemasaran adalah hal yang sangat penting dan dapat memengaruhi suatu bisnis atau usaha. Strategi pemasaran menjadi sebuah proses yang mencakup pelaksanaan riset pasar, pengembangan rencana pemasaran, pelaksanaan rencana tersebut, dan pemantauan inisiatif pemasaran untuk memenuhi kebutuhan tujuan dari sebuah organisasi. Maka setiap perusahaan harus melakukan berbagai macam strategi pemasaran yang bertujuan agar perusahaan tersebut dapat meningkatkan tingkat Dengan meningkatnya jumlah penjualan tersebut, maka perusahaan akan mencapai keuntungan yang diharapkan. Semakin tepat strategi pemasaran yang JURNAL KOMUNIKASI DIGITAL - DIGICATION digunakan semakin besar peluang perusahaan untuk memperluas target pasar (Kotler & Keller, 2. Strategi pemasaran penting untuk diterapkan di semua sektor bisnis. Pelaku usaha juga harus membuat rencana jangka panjang untuk mencapai tujuan bisnis dengan memahami permintaan konsumen dan mampu memberikan solusi yang lebih unggul dibandingkan para pesaing. Persaingan yang ketat dalam dunia bisnis mendorong para pelaku usaha untuk berpikir kreatif dan inovatif guna menarik perhatian konsumen. Saat ini, banyak pelaku bisnis yang mengembangkan strategi pemasaran dengan dengan memanfaatkan peluang melalui penyesuaian terhadap permintaan pasar dan perkembangan zaman. Dengan tujuan untuk menarik minat konsumen dan mencapai target penjualan yang diinginkan (Mullins & Walker, 2. Strategi pemasaran adalah salah satu metode untuk memperkenalkan produk kepada konsumen. Strategi pemasaran akan mencapai hasil yang maksimal jika didukung oleh perencanaan yang terstruktur dengan baik dari internal maupun eksternal Strategi pemasaran memiliki peran yang penting dalam kesuksesan perusahaan karena strategi ini merupakan cara untuk mencapai tujuan yang diinginkan oleh perusahaan. Kotler dan Amstrong . menjelaskan bahwa dalam bauran pemasaran terdapat 4 . langkah yang harus dilakukan oleh setiap pengusaha yang ingin memenangkan pasar. Keempat langkah tersebut terdiri dari produk berkualitas . , penetapan harga kompetetif . , promosi penjualan . , dan saluran distribusi yang baik . Produk merujuk pada segala jenis barang atau jasa yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen. Setiap produk memiliki manfaat yang Saat membeli produk, konsumen tidak hanya membeli atribut fisiknya, tetapi juga mengejar kepuasan dari produk tersebut. Mereka rela membayar untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan mereka. Kualitas produk merujuk pada kondisi barang yang dinilai berdasarkan sejauh mana kesesuainnya dengan standra yang telah ditetapkan. Semakin mendekati atau memenuhi standar yang ditetapkan, maka produk tersebut semakin dinilai baik dari segi kualitasnya ( Oldy Ardhana, 2. Gambar 1. 1 Piramida Brand Awareness Sumber : Durianto. Sugiarto, dan Sitinjak, 2017. Pada gambar diatas menjelaskan bahwa brand awareness memiliki dua tingkatan yaitu tingkatan terendah hingga tertinggi. Dalam Durianto, dkk . , yang JURNAL KOMUNIKASI DIGITAL - DIGICATION dimaksud dengan Brand Unaware . idak menyadari mere. ialah tingkat paling rendah jika dilihat pada piramida. Dalam hal ini kosumen sangat tidak menyadari mengenai adanya suatu merek. Brand Recognition . engenalan mere. , yaitu seorang pelanggan ada di posisi menyadari suatu merek. Brand Recall . engingatan kembali terhadap mere. , yaitu ketika pelanggan diingatkan kembali dan terdapat suatu permintaan terhadap pelanggan tersebut agar mampu menyebutkan suatu merek. Top of Mind . uncak pikira. , yaitu suatu merek dimana pelanggan pertama kali mampu memberitahu mengenai merek tersebut karena merek tersebut sudah menjadi yang utama dalam pikiran pelanggan. Brand awareness yang tinggi sangat penting bagi perusahaan untuk tetap selangkah lebih maju dari para pesaingnya dalam bisnis. Hal tersebut dikarenakan konsumen lebih berminat untuk memilih produk dan layanan dari merek yang lebih diketahui oleh mereka. Bahkan, konsumen lebih mudah tertarik dengan merek dan produk baru, mereka terkadang penasaran dan ingin membandingkan kualitas versus kuantitas, sehingga membuat mereka lebih mudah untuk beralih dari satu merek kepada merek yang lain. Maka dari itu, brand awareness sangat penting untuk pengambilan keputusan konsumen. Dalam hal ini, dapat diartikan jika pelanggan menganggap bahwa merek dengan reputasi yang positif dapat memastikan kualitas suatu produk. Jika brand awareness diterima dengan baik oleh pelanggan atau konsumen, hal ini dapat meningkatkan kualitas merek dan kepercayaan pelanggan terhadap produk yang dibuat oleh Perusahaan yang akan berdampak pada keputusan pembelian (Ramadayanti, 2. Proses keputusan pembelian produk terjadi setelah konsumen melalui serangkaian pemikiran yang dipengaruhi oleh persepsi mereka terhadap merek dan lingkungan sekitarnya. Hasil dari proses ini akan menciptakan perilaku dalam memilih Sebelum konsumen membuat keputusan untuk membeli, biasanya terlebih dahulu muncul minat beli dalam pikiran mereka (Kotler, 2. Minat beli adalah satu aspek perilaku dalam sikap mengkonsumsi. Minat beli konsumen selalu menjadi hal yang tersembunyi dalam setiap individu, di mana tidak ada yang dapat mengetahui dengan pasti apa yang diinginkan dan diharapkan oleh konsumen (Rizky & Yasin. Konsumen yang memiliki pandangan positif terhadap suatu produk atau merek cenderung tertarik untuk membeli produk atau merek tersebut (Nulufi & Murwatiningsih, 2. Minat beli ialah bagian dari unsur perilaku konsumen dalam sikap Hal tersebut menunjukkan kecenderungan untuk bertindak sebelum memiliki kesungguhan dalam melakukan keputusan pembelian. Konsumen yang merasa puas dengan produk atau layanan cenderung mempertimbangkan untuk membeli kembali (Thamrin, 2. Dari berbagai pengertian tersebut, dapat disimpulkan bahwa minat beli adalah kecenderungan konsumen untuk mempertimbangkan pembelian dengan mengumpulkan informasi dari berbagai sumber. Meskipun konsumen menunjukkan ketertarikan terhadap suatu produk atau jasa tertentu, belum tentu konsumen akan melakukan pembelian terhadap produk atau jawa tersebut. Penelitian terkait strategi pemasaran sudah pernah dilakukan sebelumnya, yaitu penelitian yang berjudul AuStrategi Pemasaran Pedagang dalam Menarik Minat Beli Konsumen (Studi Kasus di Pasar Tompano. Kecamatan Pasir Putih. Kabupaten Mun. Ay karya Sulfianti . Penelitian ini mengungkapkan mengenai identifikasi strategi pemasaran yang diterapkan oleh pedagang untuk menarik minat beli konsumen. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa pedagang di Pasar Tompano telah menerapkan bauran pemasaran 4P, yaitu produk, harga, tempat, dan promosi dalam menarik minat JURNAL KOMUNIKASI DIGITAL - DIGICATION beli konsumen. Pedagang di pasar ini dapat dengan mudah menentukan target pasar berdasarkan empat indikator utama: produk berkualitas, harga yang kompetitif dan terjangkau, lokasi yang strategis, bersih, nyaman, dan promosi melalui penjualan langsung dan pemasaran personal. Penelitian selanjutnya yaitu AuStrategi Pemasaran dalam Menarik Minat Konsumen Ditinjau dari Etika Bisnis Islam (Studi Kasus pada Pedagang Bakso dan Mie Ayam di Desa Sidodadi. Sekampung. Lampung Timu. Ay karya Dian Puji Astuti . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rumah makan milik Bapak Sugianto dan Bapak Sucipto berhasil menerapkan strategi pemasaran dengan baik, serta mengalami peningkatan minat dari konsumen. Di sisi lain, ruamah makan Ibu Kempling dan Bapak Lasimen hanya menerapkan tiga tahapan strategi pemasaran dan tidak mengalami peningkatan minat konsumen, bahkan terjadi penurunan minat dari konsumen. Sementara menurut Mah Bukhori . dalam penelitiannya yang berjudul AuANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MENARIK MINAT BELI KONSUMEN DI TOKO MEBEL FARID ROHMAN PONOROGOAy. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang digunakan oleh toko mebel Farid Rohman sudah tepat dengan menggunakan media online seperti WhatsApp. Facebook, dan Instagram, serta melalui promosi dari mulut ke mulut. Namun, semua upaya pemasaran yang sudah diimplementasikan baik secara online maupun offline masih menghadapi tantangan dalam menarik minat pembelian dari konsumen. Dari ketiga penelitian sebelumnya, terdapat persamaan dengan penelitian ini yaitu sama sama meneliti mengenai strategi pemasaran dalam menarik minat beli Penelitian ini menggunakan teori marketing mix 4p yang sama dengan penelitian terdahulu. Selain itu, yang menjadi perbedaan antara penelitian sebelumnya dengan penelitian ini adalah objek yang diteliti. Dengan melihat pemaparan pada latar belakang sebelumnya, maka dalam penelitian ini peneliti tertarik untuk meneliti strategi pemasaran kuali kuning dalam menarik minat beli konsumen. Sampai saat ini belum ada yang menjadikannya objek penelitian, sehingga peneliti tertarik untuk menjadikan kuali kuning nasi bakar sebagai objek penelitian ini. Meningkatnya omset Kuali Kuning Nasi Bakar milik Melati Sesilia, penulis ingin mengetahui lebih lanjut mengenai: Bagaimana Strategi pemasaran AuKuali KuningAy Dalam Menarik Minat Beli Publik? Bagaimana Evaluasi Strategi pemasaran AuKuali KuningAy Dalam Menarik Minat Beli Publik? LANDASAN TEORI Bauran Pemasaran ialah variabel yang digunakan seseorang yang melakukan bisnis guna mencapai target untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan konsumen. (Aminudin Hamdat, dkk, 2. Marketing mix adalah elemen-elemen terkendali dan dapat digunakan oleh perusahaan guna memengaruhi tanggapan konsumen dalam segmen pasar tertentu yang menjadi target perusahaan (Dayanto, 2. Menurut Kotler Amstrong . dalam Arum . bauran pemasaran terdapat seperangkat alat pemasaran yang terbagi menjadi empat variabel. Berikut dibahas empat variabel dalam baruan pemasaran : Promotion (Produ. Menurut (Kotler dalam Daryanto, 2. , produk dapat didefinisikan sebagai sesuatu yang ditawarkan di pasar dengan tujuan untuk memenuhi keinginan atau JURNAL KOMUNIKASI DIGITAL - DIGICATION kebutuhan, baik dalam bentuk kepemilikan, penggunaan, maupun konsumsi. Tingginya intesntias competitor di pasar mendorong perusahaan untuk secara aktif mengadaptasi produk mereka agar bisa mendapatkan keunggulan kompetitif atas pesaing-pesaingnya. Hal ini dikarenakan adaptasi produk memiliki potensi untuk memperluas pangsa pasar lokal dan meningkatkan daya tarik di kalangan konsumen Saat ini, konsumen memiliki beragam alternatif dan sangat selektif dalam membuat keputusan pembelian, mempertimbangkan berbagai factor seperti kebutuhan, kualitas produk, layanan, serta perbandingan harga sebelum mereka memutuskan untuk membeli (Tjiptono dalam Selang, 2. Price (Harg. Harga adalah jumlah uang yang harus dikeluarkan oleh pembeli untuk memperoleh barang atau jasa, atau bisa disebut juga sebagai sejumlah nilai yang ditukar oleh konsumen dengan tujuan memperoleh keuntungan dari barang atau jasa tersebut (Kotler dan Amstrong dalam Daryanto, 2. Dari definisi tersebut, dapat disimpulkan bahwa harga yang dibayar oleh pembeli sudah mencakup layanan yang diberikan oleh penjual. Banyak perusahaan menggunakan berbagai pendekatan dalam menentukan harga, yang disesuaikan dengan tujuan yang ingin dicapai, seperti meningkatkan penjualan, mempertahankan pangsa pasar, menjaga stabilitas harga, mencapai laba maksimum, dan lain sebagainya. (Engel. J: Blackwell R dalam Selang, 2. Place (Tempa. Menurut (Tjiptono dalam Daryanto, 2. mengemukakan bahwa lokasi fasilitas jasa adalah salah satu faktor penting yang memiliki dampak signifikan untuk keberhasilan suatu jasa, karena lokasi berkaitan erat dengan calon publik penyedia Pemilihan lokasi atau tempat seringkali menjadi penentu keberhasilan suatu perusahaan, karena lokasi memiliki hubungan yang erat dengan potensi pasar perusahaan tersebut. Promotion (Promos. Menurut (Tanton dalam Daryanto, 2. promosi merupakan komponen dari strategi pemasaran perusahaan yang digunakan untuk menginformasikan, meyakinkan, dan mengingatkan konsumen tentang produk perusahaan. Promosi adalah sarana komunikasi pemasaran yang menjadi bagian dari upaya pemasaran untuk menyebarluaskan informasi, memengaruhi, serta memotivasi pasar target agar mau menerima, membeli, dan tetap setia terhadap produk yang ditawarkan oleh perusahaan yang bersangkutan. (Tjiptono dalam Selang, 2. Menurut Assael dalam Maulana, dkk . , setiap konsumen memiliki kebutuhan yang harus dipenuhi dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan kebutuhan ini, mereka akan mencari informasi tentang produk, baik barang maupun jasa, untuk memenuhinya. Keberadaan produk atau jasa yang sesuai dengan kebutuhan tersebut akan meningkatkan minat konsumen terhadap barang tersebut. Berdasarkan kebutuhan dan tingkat minat, konsumen cenderung melakukan Semakin besar minat beli konsumen, maka semakin tinggi pula peluang mereka untuk membeli suatu barang. Menurut Kotler dalam Maulana, dkk . , minat beli merupakan perilaku dimana konsumen memiliki keinginan untuk membeli atau memilih suatu produk, berdasarkan pengalaman mereka dalam memilih, menggunakan, mengkonsumsi, atau menginginkan produk tersebut. METODE PENELITIAN JURNAL KOMUNIKASI DIGITAL - DIGICATION Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Peneliti ingin memahami dan menguraikan lebih dalam mengenai strategi pemasaran kuali kuning dalam menarik minat beli publik. Metode penelitian kualitatif metode yang melibatkan pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan analisis dokumen, karena bisa digunakan pada penelitian yang tertuju kepada pemahanan secara mendalam mengenai fenomena yang diteliti atau memberi pemahaman pada experience dan persepsi individu mengenai fenomena yang diteliti (Croucher, et al, 2. Metode penelitian kualitatif merupakan metode yang memiliki tujuan dalam memberi pemahaman mengenai fenomena sosial dari experience individu dalam konteks yang kompleks secara mendalam. Metodologi kualitatif cenderung menggunakan teknik pengumpulan data dari pengamatan, wawancara dan studi kasus (Babbie, 2. Metode penelitian yang dilakukan pada penelitian ini adalah metode Fenomenologi adalah metodologi guna menyelidiki pengalaman subjektif orang. Metode ini menekankan pentingnya memahami bagaimana orang memandang sekitar dan dunia mereka (Denzin & Lincoln, 2. Wawancara Penelitian ini menggunakan teknik metode pengumpulan data yaitu wawancara. Metode wawancara melibatkan pertanyaan yang diajukan oleh peneliti kepada Metode ini dapat dilakukan secara tatap muka ataupun melalui telepon (Neuman, 2. Wawancara merupakan dimana peneliti melakukan wawancara terstruktur atau tidak terstruktur dengan partisipan dalam mendapatkan data tentang pengalaman, sikap, atau persepsi mereka (Ritchie, et al, 2. Wawancara merupakan kegiatan pengumpulan data dengan narasumber yang bersangkutan dengan topik penelitian (Denzin, et al, 2. Metode utama dalam pengumupulan data yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode wawancara. Pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti yaitu dengan cara memberikan pertanyaan-pertanyaan kepada beberapa informan atau narasumber yaitu Melati Sesilia selaku pemilik Kuali Kuning nasi bakar. KR dan Rena selaku tim Kuali Kuning nasi bakar, lalu Dhendy Neqiu selaku konsumen Kuali Kuning nasi bakar. Wawancara akan dilakukan melalui tatap muka dan Google Meet . oleh peneliti bersama informan. HASIL Berdasarkan data yang telah dikumpulkan, ditemukan bahwa kuali kuning sudah melakukan strategi pemasaran yang tepat sehingga mampu menarik minat beli publik dan meningkatkan omset penjualan kuali kuning nasi bakar. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa kuali kuning nasi bakar mampu mengimplementasikan marketing mix 4p dalam memasarkan produknya. Kuali Kuning Nasi Bakar Kuali kuning nasi bakar adalah bisnis makanan rumahan yang berdiri pada awal Maret 2022. Kuali kuning nasi bakar berkembang pesat setelah menggunakan TikTok sebagai wadah untuk mempromosikan bisnisnya. Menurut Melati Sesilia selaku owner dari kuali kuning nasi bakar. Melati merasakan perbedaan ketika memulai mempromosikan bisnis nya melalui live streaming media sosial TikTok. Omset kuali kuning nasi bakar selalu naik dan stabil setelah di promosikan melalui live streaming di TikTok. Selain melakukan promosi yang tepat ,kuali kuning nasi bakar memiliki harga yang terjangkau JURNAL KOMUNIKASI DIGITAL - DIGICATION dengan kualitas dan citra rasa yang mahal. Kuali kuning nasi bakar memiliki prinsip jika nasi bakar yang dihidangkan dapat dinikmati dan diterima oleh lidah masyarakat Indonesia dari berbagai kalangan. Kuali kuning nasi bakar memiliki 6 variasi menu. Variasi menu yang terdapat pada kuali kuning nasi bakar, yaitu: cumi, ikan, paru, ayam, udang, dan Hal tersebut yang menjadi keunikan dari kuali kuning nasi bakar. Sebelum Melati menetapkan beberapa variasi menu tersebut. Melati melakukan riset kepada followers nya melalui Live streaming TikTok mengenai variasi nasi bakar yang terkenal yang biasa dibeli oleh penontonnya. Perubahan resep yang dilakukan oleh kuali kuning nasi bakar selalu melibatkan konsumen. Melalui live streaming TikTok. Melati menanyakan kepada penonton mengenai penambahan variasi menu atau penambahan resep yang diminta oleh beberapa Sehingga jika antusias dari konsumen minim mengenai hasil dari perubahan resep tersebut, maka perubahan resep tidak dilakukan lagi. Kualitas rasa yang dimiliki oleh nasi bakar kuali kuning juga dipengaruhi oleh bahan mentah dan bahan tambahan yang memiliki kualitas yang bagus. Bahan mentah dan tambahan untuk nasi bakar kuali kuning dipilih secara langsung melalui supplier terpercaya kuali kuning nasi bakar. Ketika live streaming berlangsung. Melati tidak hanya fokus kepada penonton live TikTok, tetapi Melati juga berfokus kepada konsumen yang datang langsung ke outlet. Dalam hal tersebut Melati secara tidak langsung memperlihatkan bagaimana kualitas pelayanan yang diberikan kuali kuning kepada konsumen secara Pemanfaatan TikTok sebagai Media Promosi Untuk mendorong konsistensi kuali kuning nasi bakar dalam melakukan live streaming di TikTok guna mempromosikan produk nya, peneliti menemukan adanya landasan utama yang dapat menjaga konsistensi live streaming kuali kuning nasi bakar di media sosial TikTok. Landasan konsistensi kuali kuning nasi bakar dalam mempromosikan produk nya melalui live streaming di TikTok, ialah ingin menjadikan kuali kuning nasi bakar binis rumahan yang terus berkembang dan selalu memiliki peningkatan dalam omset Kuali kuning nasi bakar menjadikan TikTok sebagai platform media sosial utama untuk mempromosikan produk nya. Konsistensi kuali kuning nasi bakar dalam melakukan promosi melalui live streaming di TikTok memiliki frekuensi live streaming yang tinggi. Diketahui bahwa live streaming di TikTok dilakukan sesuai dengan jadwal operasional kuali kuning nasi bakar. Yakni, pada hari Selasa sampai dengan hari Minggu pukul 16. 00 hingga 01. 00 Waktu Indonesia Barat. Durasi live streaming mencapai 5 sampai dengan 6 jam setiap hari. Minggu pukul 16. 00 Waktu Indonesia Barat. Durasi live streaming mencapai 5 sampai dengan 6 jam setiap hari. Terdapat fitur TikTok yang menguntungkan untuk kuali kuning nasi bakar. Narasumber memberikan pernyataan jika fitur Live comment pada TikTok merupakan elemen yang sangat membantu dan menguntungkan untuk kuali kuning nasi bakar. Fitur live comment TikTok membuat penonton live streaming TikTok kuali kuning nasi bakar dapat berinteraksi secara langsung antara Melati dengan penonton, ataupun dengan sesama penonton secara real-time. JURNAL KOMUNIKASI DIGITAL - DIGICATION Penonton dapat berkomentar langsung selama sesi live, yang menciptakan komunikasi dua arah yang dinamis. Dengan demikian, publik yang telah membeli dan mencoba kuali kuning nasi bakar memberikan testimoni positif melalui kolom komentar tersebut. Sesuai dengan pernyataan narasumber, testimoni yang diberikan oleh penonton melalui fitur kolom komentar tersebut ialah citra rasa dari nasi bakar kuali kuning, pelayanan yang diberikan oleh tim kuali kuning nasi bakar kepada konsumen. Maka dari itu, testimoni yang disampaikan oleh satu penonton kepada penonton lain melalui fitur live comment TikTok berpotensi besar mempengaruhi keputusan pembelian, sehingga meningkatkan penjualan produk nasi bakar kuali kuning. Fitur live comment TikTok memiliki peranan yang penting untuk strategi pemasaran promosi dan penjualan kuali kuning nasi bakar. Untuk mendorong target penjualan, kuali kuning memiliki beberapa strategi pemasaran agar dapat bertahan dalam mengembangkan bisnis pada bidang food and beverage. Live TikTok terbukti menjadi strategi pemasaran yang efektif dalam memasarkan produk kuali kuning, selain itu TikTok juga menjadi media Informan memberikan pernyataan bahwa strategi pemasaran utama untuk membangun keterlibatan dan meningkatkan minat beli publik pada kuali kuning nasi bakar adalah melalui interaksi yang aktif responsif selama sesi live TikTok. Karena TikTok menjadi platform strategi pemasaran yang utama. Melati sudah memahami hal apa saja yang diminati oleh penonton dan bagaimana cara untuk menarik minat beli publik. Interaksi aktif dan responsif yang dilakukan oleh Melati secara signifikan memicu minat beli di kalangan penonton, sehingga meningkatkan penjualan nasi bakar kuali kuning nasi bakar dan Kuali Kuning juga menggunakan Live Shopping Ads untuk memasarkan produknya. Terdapat tiga jenis konten yang memiliki engagement paling banyak untuk menarik minat beli publik melalui live streaming TikTok dan melalui konten TikTok. Yakni, konten Live streaming TikTok, melakukan interaksi kepada penonton, hanya memperlihatkan kegiatan Kuali Kuning Ketika mempromosikan produknya melalui Live streaming tersebut, yang terakhir adalah konten TikTok pemilik Kuali Kuning yaitu Melati mengenai AuA day in my life Sebagai Penjual Nasi BakarAy. Penetapan Harga dan Diskon Terdapat beberapa indikasi yang membuat kuali kuning nasi bakar menetapkan harga, lalu menawarkan harga tersebut kepada konsumen. Sesuai dengan pernyataan yang diberikan oleh narasumber. Indikasi pertama, untuk menentukan harga, kuali kuning memperhitungan biaya bahan mentah dan tambahan yang digunakan. Indikasi kedua adalah kuali kuning memperhitungan melalui harga sewa tempat outlet kuali kuning nasi bakar. Indikasi ketiga yaitu pihak kuali kuning menyesuaikan harga berdasarkan daya beli konsumen. Hasil riset melalui live streaming TikTok menurut pernyataan yang diberikan oleh Melati dan tim lalu diperkuat oleh narasumber Dhendy Neqiu sebagai konsumen kuali kuning nasi bakar, harga yang ditawarkan oleh kuali kuning nasi bakar terjangkau sesuai dengan porsi dan kualitas yang dimiliki oleh kuali kuning nasi Harga nasi bakar di kuali kuning yang di tawarkan juga bervariasi, antara Rp. 000 hingga Rp. JURNAL KOMUNIKASI DIGITAL - DIGICATION Strategi promosi utama dari kuali kuning dalam mempromosikan produknya yaitu melalui fitur live streaming TikTok. Tujuan utama kuali kuning nasi bakar melakukan live streaming melalui TikTok adalah untuk memperkenalkan produknya secara langsung kepada penonton dan tidak memiliki tujuan untuk menawarkan diskon ataupun memberikan promosi khusus dari kuali kuning nasi bakar. Melalui live streaming TikTok. Melati menginformasikan bahwa penawaran harga lebih banyak ditawarkan melalui platform aplikasi seperti Grab. Gojek, dan Shopee, di mana diskon dan penawaran khusus diberikan oleh aplikasi tersebut, bukan oleh kuali kuning nasi Melati lebih berfokus untuk mempromosikan produk dan memberitahukan kepada penonton mengenai adanya penawaran harga di platform online seperti Grab. Gojek, dan Shopee. Maka dari itu, hal tersebut dapat memudahkan penonton live TikTok yang tidak dapat datang secara langsung ke outlet kuali kuning untuk tetap dapat membeli dan menikmati nasi bakar kuali kuning. Ketertarikan konsumen untuk membeli kuali kuning nasi bakar tidak hanya karena interaksi yang dilakukan oleh Melati ketika live TikTok sedang berlangsung, melainkan melalui cara yang unik dan menarik yang ditampilkan selama sesi live. Informan mengatakan bahwa live TikTok kuali kuning nasi bakar berhasil memicu minat beli terhadap kuali kuning nasi bakar. Dengan demikian, daya tarik utama dari live TikTok Kuali Kuning terletak pada presentasi visual yang menggugah selera dan menampilkan proses memasak yang menarik, yang secara efektif meningkatkan minat beli konsumen. Pemilihan Lokasi Outlet Outlet kuali kuning nasi bakar berlokasi di tempat yang strategis. Melalui live streaming TikTok. Melati menginformasikan lokasi outlet kuali kuning berada di Jalan Johar Baru IV. Jakarta Pusat yang merupakan kediaman pemilik kuali kuning. Melati Sesilia. Lokasi outlet pertama kuali kuning berada di pinggir jalan di Jalan Johar Baru. Jakarta Pusat. Pertumbuhan jumlah publik yang signifikan setiap hari mendorong Melati untuk menyewa tempat dengan halaman yang luas agar dapat mengawasi operasional dengan lebih efisien. Pemilihan Lokasi outlet didasarkan pada kriteria tempat yang sesuai dengan bisnis masakan rumahan, mengingat kuali kuning adalah bisnis keluarga yang menawarkan masakan rumahan. Sesuai dengan pernyataan Melati dan tim nya, minat beli konsumen yang tinggi mendorong pihak kuali kuning nasi bakar memiliki lokasi outlet yang strategis, mudah diakses oleh kendaraan umum, belum ada yang memiliki usaha nasi bakar dan dapat memberikan kenyamanan untuk konsumen. Untuk memudahkan konsumen. Melati sesilia memberitahukan kepada penonton live streaming bahwa kuali kuning memberikan opsi pembelian melalui aplikasi online yaitu Grab. Gojek, dan Shopee. Seperti yang disampaikan oleh informan Melati Sesilia, dia selalu menginformasikan hal tersebut melalui media sosial untuk menjangkau konsumen yang tidak dapat datang langsung ke outlet. Dengan demikian, kuali kuning memastikan kemudahan akses pembelian bagi semua publik melalui platform digital, yang mendukung peningkatan penjualan dan penyebaran produk secara lebih luas. Evaluasi Keberhasilan Strategi Komunikasi JURNAL KOMUNIKASI DIGITAL - DIGICATION Kuali kuning nasi bakar melakukan evaluasi keberhasilan strategi komunikasi melalui monthly meeting. Pada evaluasi tersebut membahas mengenai keberhasilan yang telah dilakukan oleh kuali kuning nasi bakar dan strategi tersebut akan dilakukan di bulan berikutnya. Untuk keberhasilan Live TikTok, kuali kuning nasi bakar melihat dari jumlah penonton, durasi live, dan peningkatan penjualan. Rekan bisnis Melati memberikan pernyataan jika TikTok memiliki ringkasan statistik mencakup jumlah penonton tertinggi, rata-rata jumlah penonton, dan jumlah likes yang diterima selama sesi live. PEMBAHASAN Strategi Pemasaran Kuali Kuning Dalam Menarik Minat Beli Publik. Pada penelitian ini, peneliti berhasil mengungkapkan bagaimana strategi pemasaran yang dilakukan oleh kuali kuning nasi bakar dalam menarik minat beli publik. Melalui marketing mix 4p tujuan suatu perusahaan ialah agar meningkatkan minat beli konsumen yang rendah atau meningkatkan target yang dimiliki oleh perusahaan agar tercapai. Strategi pemasaran ini adalah suatu kegiatan yang merancang agar dapat mengatur bagaimana suatu produk dapat menarik perhatian dari sasaran target pasarnya. Marketing mix adalah elemen-elemen terkendali dan dapat digunakan oleh perusahaan guna memengaruhi tanggapan konsumen dalam segmen pasar tertentu yang menjadi target perusahaan (Dayanto, 2. Melalui marketing mix 4p tujuan suatu perusahaan ialah agar meningkatkan minat beli konsumen yang rendah atau meningkatkan target yang dimiliki oleh perusahaan agar tercapai. Strategi ini adalah suatu kegiatan yang merancang agar dapat mengatur bagaimana suatu produk dapat menarik perhatian dari sasaran target pasarnya. Penyusunan rancangan tersebut dimulai dari membuat suatu produk, penetapan harga jual, penyebaran distribusi produk, dan mengenalkan produk tersebut kepada konsumen dengan cara membuat penyusunan promosi. Terdapat elemen-elemen dalam marketing mix 4p, diantaranya adalah produk . , harga . , tempat . , promosi . Penelitian ini mengungkapkan mengenai bagaimana kuali kuning nasi bakar mampu mengimplementasikan marketing mix 4p dalam melakukan strategi pemasaran untuk memasarkan produknya serta menarik minat beli publik. Strategi pemasaran yang dilakukan oleh kuali kuning nasi bakar lebih ditekankan pada strategi promosinya. Produk Menurut (Kotler, 2002 dalam Daryanto, 2. produk dapat didefinisikan sebagai sesuatu yang ditawarkan di pasar dengan tujuan untuk memenuhi keinginan atau kebutuhan, baik dalam bentuk kepemilikan, penggunaan, maupun konsumsi. Kuali kuning nasi bakar berhasil memenuhi kebutuhan konsumen dengan memiliki produk makanan yang berkualitas, hal tersebutlah yang menjadi salah satu faktor utama dalam menarik minat beli publik. Penelitian ini menemukan faktor-faktor yang membuat produk dari kuali kuning nasi bakar mampu menarik minat beli publik yaitu, pertama melalui pemilihan bahan mentah. Manajemen bahan mentah adalah faktor utama dalam memengaruhi kualitas kuali kuning nasi bakar. Kualitas JURNAL KOMUNIKASI DIGITAL - DIGICATION produk adalah hal yang terpenting dan selalu menjadi pertimbangan bagi konsumen sebelum memilih produk. Suatu produk yang memiliki kualitas yang baik dapat menarik minat beli konsumen. Hal tersebut terjadi karena konsumen selalu mendaptkan kepuasan dari apa yang telah mereka beli. Hal yang dilakukan oleh kuali kuning dalam memilih bahan mentah yaitu dengan cara mencari supplier terpercaya. Supplier kuali kuning berlokasi di pasar Senen dan pasar Gaplok. Bahan tambahan kuali kuning didapatkan melalui Indogrosir. Kuali kuning nasi bakar terjun langsung untuk memilih seluruh bahan mentah yang ingin diolah guna mendapatkan bahan mentah yang segar dan berkualitas. Bahan mentah yang berkualitas mampu membuat produk kuali kuning memiliki rasa yang berkualitas. Kuali kuning nasi bakar mampu menarik minat beli konsumennya karena memiliki citra rasa yang berkualitas. Berbeda dengan nasi bakar biasanya, keunikan yang dimiliki oleh kuali kuning nasi bakar yaitu karena memiliki 6 varian rasa, diantaranya ialah cumi, ikan, paru, ayam, udang, dan sengkel. Banyak nya varian rasa yang dimiliki oleh kuali kuning berhasil menarik minat beli publik, konsumen merasa senang dan tidak merasa bosan karena mereka memiliki beberapa pilihan varian rasa. Walaupun kuali kuning nasi bakar terkenal memiliki rasa yang pedas, tetapi kuali kuning nasi bakar tetap menyesuaikan selera para konsumennya. Selain itu, kuali kuning nasi bakar memiliki harga yang terjangkau, dan dapat diterima oleh para publik. Packaging yang digunakan oleh kuali kuning nasi bakar sangat simple. Kuali kuning nasi bakar menggunakan daun pisang dan juga Thinwall food untuk membungkus produknya. Kemasan produk kuali kuning dirancang agar dapat menjaga kualitas makanan tetap hangat dan higenis. Pengemasan yang dilakukan oleh kuali kuning nasi bakar dapat mempermudah dalam distribusi produk, terutama untuk pembelian secara online. Segmentasi pasar kuali kuning ialah anak kecil, orang dewasa, hingga orang tua. Artinya, produk yang dimiliki oleh kuali kuning nasi bakar dapat dinikmati oleh berbagai usia. Kuali kuning nasi bakar mampu melihat kebutuhan dan keinginan konsumen sehingga kepuasan konsumen terpenuhi. Strategi produk yang dilakukan oleh kuali kuning yaitu dengan melakukan riset lapangan untuk melihat kondisi konsumen dan competitor yang akan Lalu langkah selanjutnya yang dilakukan oleh kuali kuning nasi bakar ialah merancang produk yang akan dipasarkan dengan memperhatikan kualitas bahan mentah yang akan digunakan. Kuali kuning nasi bakar juga cepat tanggap dalam menangani perubahan resep yang diminta oleh Kuali kuning selalu memberikan pelayanan terbaik untuk para konsumen. Hal yang menjadi priotitas utama kuali kuning nasi bakar dalam melayani konsumen ialah selalu ramah tanpa diskriminasi setiap konsumen tanpa memandang perbedaan latar belakang dan status sosial setiap konsumen. Dalam proses persiapan hidangan nasi bakar, tim kuali kuning selalu berusaha untuk memastikan kualitas dan ketepatan pesanan konsumen, baik yang datang langsung ke outlet maupun yang memesan secara online. Tim kuali kuning nasi bakar memberikan waktu dan tenaga untuk melayani konsumen, karena kepuasan konsumen menjadi prioritas bagi kuali kuning. JURNAL KOMUNIKASI DIGITAL - DIGICATION Harga Kotler dan Amstrong . 3 dalam Daryanto, 2. Harga adalah jumlah uang yang harus dikeluarkan oleh pembeli untuk memperoleh barang atau jasa, atau bisa disebut juga sebagai sejumlah nilai yang ditukar oleh konsumen dengan tujuan memperoleh keuntungan dari barang atau jasa Penelitian ini menemukan faktor-faktor yang membuat strategi harga dari kuali kuning nasi bakar mampu menarik minat beli publik. Strategi harga jual akan membuat konsumen menentukan pilihan dalam memilih dan membeli produk. Harga jual merupakan faktor yang penting dan harus ditetapkan agar perusahaan dapat meminimalisir kerugian. Dalam hal ini kuali kuning nasi bakar melakukan penentuan harga jual kepada konsumen atau target pasar sasarannya dengan cara menetapkan harga yang terjangkau, sehingga hal tersebut dapat menarik minat beli publik karena konsumen merasa mendapatkan nilai yang sepadan dengan harga yang dibayar. Harga yang ditetapkan oleh kuali kuning nasi bakar telah melalui beberapa pertimbangan untuk memberikan nilai yang terjangkau kepada konsumen tanpa mengurangi kualitas produk yang ditawarkan. Penetapan harga diperhitungkan melalui biaya bahan mentah, biaya sewa outlet, dan memperhatikan sisi konsumen. Karena harga produk yang dimiliki oleh kuali kuning terjangkau, kuali kuning belum pernah memberikan potongan harga kepada konsumen. Konsumen dapat menikmati potongan harga melalui aplikasi online, seperti Grab. Gojek, dan Shopee. Potongan harga diberikan oleh aplikasi tersebut, bukan oleh kuali kuning nasi bakar. Penelitian ini menemukan bahwa tidak tersedianya potongan harga oleh kuali kuning tidak mengurangi minat beli publik terhadap kuali kuning nasi bakar. Tempat/Distribusi Pemilihan lokasi atau tempat menjadi penentu keberhasilan suatu perusahaan, karena lokasi memiliki hubungan yang erat dengan potensi pasar perusahaan tersebut. Penelitian ini menemukan bagaimana strategi kuali kuning nasi bakar dalam memilih lokasi outlet dan mendistribusikan Terdapat indikator-indikator dalam pemilihan lokasi outlet kuali kuning nasi bakar. Indikator-indikator tersebut ialah lokasi tempat yang strategis, mudah diakses oleh kendaraan umum, dan dekat dengan pusat Hal tersebut dapat memudahkan konsumen untuk mengunjungi lokasi outlet kuali kuning nasi bakar secara langsung dan dapat memicu minat beli publik. Selain melakukan penjualan langsung di outlet, strategi distribusi yang dilakukan oleh kuali kuning nasi bakar adalah menggunakan platform online untuk mendistribusikan produknya. Platform online tersebut ialah Grab. Gojek, dan Shopee. Hal tersebut dapat memudahkan konsumen kuali kuning nasi bakar untuk menikmati produknya melalui aplikasi digital. Distribusi yang dilakukan oleh kuali kuning nasi bakar melalui berbagai saluran yaitu platform digital, memudahkan kuali kuning nasi bakar dalan menjangkau dan menarik lebih banyak calon konsumen, baik yang berada di sekitar outlet ataupun yang memiliki jarak yang cukup jauh dengan outlet. Dengan demikian, kuali kuning memastikan kemudahan akses pembelian bagi semua publik melalui JURNAL KOMUNIKASI DIGITAL - DIGICATION platform digital, yang mendukung peningkatan penjualan dan penyebaran produk secara lebih luas. Promosi Promosi merupakan komponen dari strategi pemasaran perusahaan yang digunakan untuk menginformasikan, meyakinkan, dan mengingatkan konsumen mengenai produk perusahaan. Penelitian ini menemukan bagaimana kuali kuning nasi bakar melakukan strategi promosi dalam memasarkan produknya sehingga dapat meningkatkan minat beli publik. Kuali kuning nasi bakar melakukan penjualan personal ketika kuali kuning sedang berada di sebuah acara-acara tertentu, salah satunya ialah acara Dengan melakukan penjualan personal, kuali kuning nasi bakar dapat menjangkau konsumennya secara langsung. Dengan ini kuali kuning mengetahui sejauh mana konsumen antusias dengan produk yang ditawarkan oleh kuali kuning nasi bakar. Disamping penjualan personal. Strategi promosi yang dilakukan oleh kuali kuning dalam memasarkan produknya yaitu melalui periklanan dan hubungan masyarakat. Kuali kuning nasi bakar melakukan periklanan menggunakan media sosial yaitu TikTok. Media sosial melalui akun TikTok @melati. sesilia selaku pemilik kuali kuning nasi bakar selain diperuntukkan untuk mengenalkan produknya kepada masyarakat, juga diperuntukkan untuk melakukan penjualan, promosi, maupun publikasi seputar kegiatan yang dilakukan oleh kuali kuning nasi bakar. Dengan menggunakan media sosial TikTok melalui akun tersebut untuk beriklan, kuali kuning membuat konten interaktif yang melibatkan konsumen guna menarik perhatian lebih banyak calon publik sehingga dapat menarik dan meningkatkan minat beli Kuali kuning melakukan live streaming di TikTok dirancang untuk menarik perhatian dan membuat penonton menjadi tertarik dengan produk yang ditawarkan. Disamping itu, dengan fasilitas berkomunikasi secara real-time melalui live streaming di TikTok, konsumen dapat bertanya secara langsung seputar produk kuali kuning yang ingin dibeli. Kuali kuning nasi bakar juga menggunakan media sosial TikTok sebagai media publikasi. Melalui akun TikTok @melati. sesilia dapat melakukan publikasi dari kegiatan yang dilakukan oleh kuali kuning nasi bakar. Publisitas dalam promosi sangat penting untuk membangun citra produk dan Perusahaan. Untuk itu, publisitas dilakukan agar terdapat keterbukaan terhadap konsumen dengan seluruh kegiatan yang telah dilakukan oleh kuali kuning nasi bakar melalui akun TikTok @melati. Kuali kuning nasi bakar memilih media sosial TikTok dalam mempromosikan produknya, yaitu karena TikTok memiliki beberapa fitur, salah satunya adalah fitur live streaming yang mampu untuk meningkatkan penjualan kuali kuning dan dapat menjangkau calon publik secara luas. Terdapat tiga jenis konten yang dapat meningkatkan engagement kuali kuning nasi bakar dan menarik minat beli publik. Pertama, penonton cenderung lebih tertarik melihat bagaimana cara Melati Sesilia selaku pemilik kuali kuning nasi bakar melakukan penjualan serta melakukan proses pembuatan nasi bakar. Kedua, melakukan interaksi yang aktif seperti melibatkan penonton dan melakukan tanya jawab kepada penonton ketika JURNAL KOMUNIKASI DIGITAL - DIGICATION live streaming berlangsung. Ketiga, konten a day in my life sebagai penjual nasi bakar melalui akun TikTok @melati. Dalam konten tersebut. Melati memperlihatkan dari mulai bagaimana memilih dan membeli bahan mentah di supplier kuali kuning nasi, mempersiapkan pembukaan outlet, sampai penutupan outlet. Konsumen tertarik untuk membeli kuali kuning nasi bakar selain karena produk yang dimiliki oleh kuali kuning berkualitas, promosi yang dilakukan oleh kuali kuning melalui live streaming di TikTok mampu membangun keterlibatan konsumen, membangun hubungan yang baik dengan konsumen, unik dan menyenangkan. Hal tersebut tidak hanya mendorong pembelian ulang yang dilakukan oleh konsumen, tetapi juga menarik publik baru untuk mencoba produk kuali kuning nasi bakar. Selain itu, karena fitur live comment yang terdapat melalui live streaming TikTok, konsumen dapat memberikan testimoni mengenai kuali kuning, mulai dari pelanyanan yang diberikan, hingga kualitas produk. Hal tersebut juga dapat meningkatkan minat beli publik melalui live TikTok. Evaluasi Keberhasilan Strategi Pemasaran Kuali Kuning Kuali Kuning menargetkan pasar yang sangat luas, mencakup anak-anak, orang dewasa, hingga orang tua. Produk nasi bakar yang ditawarkan mampu dinikmati oleh berbagai usia. Pendekatan segmentasi ini membantu Kuali Kuning untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen dengan lebih baik, memastikan kepuasan publik yang beragam. Penelitian lapangan yang dilakukan secara kontinu untuk memahami kondisi pasar dan kompetitor juga berkontribusi pada kesuksesan segmentasi ini. Salah satu tantangan utama yang dihadapi oleh Kuali Kuning adalah meningkatkan kesadaran dan daya tarik merek di tengah persaingan yang ketat. Meskipun sudah memiliki basis publik yang loyal, upaya untuk memperluas jangkauan dan menarik minat konsumen baru tetap menjadi fokus utama. Merek Kuali Kuning perlu terus dikenalkan dan diingat oleh konsumen agar dapat bersaing dengan merek-merek lain yang ada di pasar. Salah satu inovasi yang diterapkan oleh Kuali Kuning adalah memanfaatkan platform media sosial, khususnya TikTok, untuk melakukan live Aktivitas ini tidak hanya sekadar promosi, tetapi juga menjadi sarana untuk berinteraksi langsung dengan konsumen. Fitur live comment pada TikTok memungkinkan komunikasi dua arah yang dinamis antara penjual dan pembeli, serta menciptakan testimoni real-time yang dapat meningkatkan kepercayaan dan minat beli. Strategi pemasaran yang dilakukan melalui TikTok melibatkan interaksi langsung dengan audiens, di mana konsumen dapat memberikan feedback secara langsung dan penjual dapat menjawab pertanyaan atau mengatasi keluhan secara real-time. Pendekatan ini meningkatkan engagement dan membangun hubungan yang lebih dekat dengan publik. Strategi pemasaran yang diterapkan oleh Kuali Kuning telah menunjukkan hasil yang signifikan. Data omset dari Januari hingga Desember 2023 menunjukkan peningkatan yang stabil setiap bulannya, dengan puncaknya pada Desember 2023 mencapai Rp 223. Hal ini menunjukkan bahwa kombinasi strategi pemasaran online dan offline yang tepat, mampu mendorong peningkatan dan keberhasilan bisnis. JURNAL KOMUNIKASI DIGITAL - DIGICATION SIMPULAN Penelitian ini mengungkapkan bahwa strategi pemasaran yang diterapkan oleh kuali kuning nasi bakar melalui media sosial TikTok dengan menggunakan fitur Live streaming TikTok terbukti mampu untuk menarik minat beli publik. Kuali kuning nasi bakar mampu mengimplementasikan strategi pemasaran marketing mix 4p dalam menarik minat beli publik. Strategi produk melalui akun TikTok @melati. sesilia selaku pemilik kuali kuning mampu menggunakan fitur live streaming TikTok selain untuk berinteraksi langsung dengan calon publik juga memberikan informasi yang lengkap mengenai produk yaitu seperti informasi mengenai bahan mentah, memperlihatkan packaging yang digunakan oleh kuali kuning, proses pembuatan kuali kuning nasi bakar, memberikan informasi mengenai keunggulan nasi bakar milik kuali kuning, memperlihatkan bagaimana pelayanan yang diberikan kuali kuning kepada publik. Strategi harga yang dilakukan oleh kuali kuning dalam menarik minat beli publik adalah dengan memberikan harga yang terjangkau tetapi memiliki kualitas produk yang baik. Hal tersebut dapat memicu minat beli konsumen bahkan hal ini membuat konsumen melakukan pembelian ulang. Hal tersebut dapat dibuktikan melalui fitur Live comment yang terdapat di live streaming TikTok kuali kuning nasi bakar. Penonton dapat memberikan ulasan mengenai bagaimana harga yang ditawarkan oleh kuali kuning nasi bakar mampu menarik minat beli publik. Kuali kuning nasi bakar menjadikan hal ini sebuah pegangan dalam mempertahankan konsumennya. Strategi tempat atau distribusi yang dilakukan oleh kuali kuning nasi bakar dalam menarik minat beli publik adalah dengan memilih lokasti outlet yang strategis dan mendistribusikan produk nya melalui platform digital seperti Grab. Gojek, dan Shopee. Hal tersebut dapat memudahkan akses pembelian bagi publik yang tidak dapat datang langsung ke outlet kuali kuning. Strategi promosi yang dilakukan oleh kuali kuning nasi bakar dalam menarik minat beli publik yaitu dengan melakukan periklanan dan hubungan masyarakat melalui media sosial TikTok, serta penjualan personal ketika sedang berada pada suatu acara tertentu. DAFTAR PUSTAKA Arum. W,. & Asmi. A,. "Meningkatkan Minat Beli Produk Shopee Melalui Celebrity Endorser". Jurnal Bisnis Terapan. Volume 04 Nomor 01 (Juni, 2. Babbie. Earl. The Basics of Social Research Sixth Edition International Edition. USA: Wadsworth Cengage Learning. Croucher. , dan D. Mills. Understanding Communication Research Method Second Edition. New York & London: Routledge. Daryanto. , & Hasiholan. The Influence of Marketing mix on The Decision To Purchase Martabak AuSetiabudiAy Pak Man Semarang. Journal of Management. Vol. No. 5, 2019. Denzin. , dan Y. Lincoln. The SAGE Handbook of Qualitative Research Fifth Edition. California: SAGE Publications. Dian Puji. Strategi Pemasaran dalam Menarik Minat Konsumen Ditinjau dari Etika Bisnis Islam (Studi Kasus pada Pedagang Bakso dan Mie Ayam di Desa Sidodadi. Sekampung. Lampung Timu. (Skripsi sarjana. Institut Agama Islam Metr. Durianto. Sugiarto. , & Sitinjak. Strategi Menaklukan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. Jakarta: Pt. Gramedia Pustaka Utama. JURNAL KOMUNIKASI DIGITAL - DIGICATION Fauzan, z. , & Dian,. "Pengaruh Content Marketing Terhadap Purchase Intention Pada Fan Apparel Dengan Customer engagement Sebagai Variable Mediasi (Studi Pada Akun Instagram @Aunteticsi. Gregorius. , & Putu Anggi. "Upaya Meningkatkan Minat Konsumen Coffe Cartel Dengan Menambahkan Varian Susu Dalam Pembuatan Minuman" Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat Volume 2 Nomor 1. Mei Hamdat. , & Oktaviani. , & Nalle. Au Pengaruh Strategi Content Pada E-commerce Shopee Terhadap Keputusan Pembelian Masyarakat Kota MakassarAy. Journal Unifa. Vol. No. 2, 2020. Kotler. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga. Kotler. , & Keller. Marketing Management. UK: Pearson. Mah Bukhori. ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MENARIK MINAT BELI KONSUMEN DI TOKO MEBEL FARID ROHMAN PONOROGO. (Skripsi sarjana. Institut Sarjana Islam Negeri Ponorog. Moleong. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Mullins. , & Walker. Marketing Management: A Strategic DecisionMaking. Indiana: McGraw Ae Hill. Nana Herdiana. Manajemen Strategi Pemasaran. Bandung: CV. Pustaka