Jurnal Kesehatan Masyarakat & Gizi, e-ISSN: 2655-0849 Vol. 5 No. 1 Edisi Mei-Oktober 2022 https://ejournal. id/index. php/JKG =========================================================================================== Received: 22 Oktober 2022 :: Accepted: 31 Oktober 2022 :: Published: 31 Oktober 2022 KUALITAS APLIKASI MOBILE JKN DALAM UPAYA MENINGKATKAN AKSES PELAYANAN KESEHATAN BAGI PESERTA JKN DI MASA PANDEMI COVID 19 (QUALITY OF MOBILE JKN APLICATION TO INCREASE HEALTH SERVICES ACCESS FOR JKN PARTICIPANTS IN PANDEMIC COVID-. Gusti Agung Sri Guntari1. Ni Putu Ayu Wulan Noviyanti2 Program Studi Admninistrasi Kesehatan Stikes KESDAM IX/Udayana Jl. Taman Kanak-Kanak Denpasar,Bali e-mail : sriguntari19@gmail. Abstrak Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) merupakan jaminan sosial yang diselenggarakan pemerintah ditujukan bagi seluruh masyarakat Indonesia. Saat ini BPJS Kesehatan selaku badan penyelenggara program JKN telah membuat inovasi teknologi yaitu mobile JKN yang diperuntukkan bagi Aplikasi ini diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi peserta JKN untuk merubah data peserta maupun mengakses pelayanan Di masa pandemi covid 19 seperti sekarang, teknologi seperti mobile JKN ini adalah inovasi yang menjadi andalan masyarakat untuk mengurangi interaksi sosial secara langsung. Peneliti merasa bahwa efektivitas dari aplikasi mobile JKN ini penting untuk dievaluasi, untuk melihat sejauh mana aplikasi ini dapat membantu dan memudahkan akses masyarakat terhadap pelayanan kesehatan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan melakukan indepth interview dengan 7 orang informan yang merupakan peserta JKN dan sudah pernah memanfaatkan aplikasi mobile JKN. Berdasarkan hasil penelitian dapat dinyatakan bahwa aplikasi mobile JKN sangat bermanfaat bagi peserta JKN khususnya di masa pandemi covid 19. Penggunaan aplikasi cukup mudah dan memiliki fitur yang Setelah diluncurkannya aplikasi mobile JKN, peserta merasa pelayanan yang diterima lebih efektif dan efisien dari sebelumnya. Namun, masih terdapat banyak fitur yang belum dimanfaatkan oleh masyarakat karena ketidaktahuan terhadap adanya fitur tersebut, sehingga diharapkan dilakukan sosialisasi yang lebih luas mengenai berbagai fitur yang ada diaplikasi mobile JKN agar lebih banyak manfaat yang dapat dirasakan Kata kunci: Jaminan Kesehatan Nasional. Mobile JKN Abstract The National Health Insurance Program (JKN) is a social security organized by the government aimed at all Indonesians. Currently. BPJS Kesehatan as the organizing body of the JKN program has made a technological innovation, namely mobile JKN which is intended for its participants. This application is Jurnal Kesehatan Masyarakat & Gizi, e-ISSN: 2655-0849 Vol. 5 No. 1 Edisi Mei-Oktober 2022 https://ejournal. id/index. php/JKG =========================================================================================== Received: 22 Oktober 2022 :: Accepted: 31 Oktober 2022 :: Published: 31 Oktober 2022 expected to make it easier for JKN participants to change participant data and access health services. During the Covid-19 pandemic like now, technology such as mobile JKN is an innovation that is the mainstay of society to reduce direct social interaction. Researchers feel that the effectiveness of the JKN mobile application is important to evaluate, to see the extent to which this application can help and facilitate public access to health services. This study used a qualitative method by conducting indepth interviews with 7 informants who were JKN participants and had used the JKN mobile application. Based on the results of the study, it can be stated that the JKN mobile application is very useful for JKN participants, especially during the Covid-19 pandemic. The use of the application is quite easy and has complete features. After the launch of the JKN mobile application, participants felt that the services received were more effective and efficient. However, there are still many features that have not been utilized by the public due to ignorance of the existence of these features, so it is hoped that a wider socialization will be carried out regarding the various features that exist in the JKN mobile application so that more benefits can be felt by the community. Keywords: National Health Insurance. Mobile JKN PENDAHULUAN Sejak tanggal 1 Januari 2014. Indonesia berkomitmen untuk menyelenggarakan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang ditujukan bagi seluruh penduduk Indonesia, sebagai upaya terhadap risiko kesehatan masyarakat. Dengan diselenggarakannya program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), diharapkan mampu mengurangi risiko masyarakat untuk menanggung biaya kesehatan dari uang pribadi . ut of pocke. yang sulit untuk diprediksi jumlahnya, sehingga tidak ada lagi masyarakat yang memiliki halangan untuk mengakses pelayanan kesehatan akibat hambatan finansial (Juanita. Berdasarkan studi pendahuluan yang telah dilakukan, sekitar 80% penduduk Indonesia telah terdaftar JKN. Seiring terdapat berbagai tantangan dalam implementasi program JKN, salah satunya adalah lama antrian di Hal tersebut mendorong BPJS Kesehatan selaku penyelenggara menciptakan inovasi yang diharapkan dapat mempermudah peserta yaitu Mobile JKN. Aplikasi mobile JKN pertama kali diluncurkan November Aplikasi ini mempunyai fitur-fitur memperoleh manfaat program JKN (Nurmalasari et al. , 2. Telah kita ketahui bahwa saat ini di Indonesia bahkan di dunia tengah berada dalam situasi pandemi covid 19, dimana terjadi banyak perubahan Meminimalisir kontak dengan orang lain pencegahan penularan virus covid 19. Sehingga dalam kondisi ini, akses ke Terlebih sebagian masyarakat sudah memiliki smartphone yang dapat dimanfaatkan untuk akses internet. Hal tersebutlah yang membuat aplikasi mobile JKN Jurnal Kesehatan Masyarakat & Gizi, e-ISSN: 2655-0849 Vol. 5 No. 1 Edisi Mei-Oktober 2022 https://ejournal. id/index. php/JKG =========================================================================================== Received: 22 Oktober 2022 :: Accepted: 31 Oktober 2022 :: Published: 31 Oktober 2022 dikembangkan dengan baik, agar Diharapkan dimanfaatkannya aplikasi mobile JKN, juga dapat mengurangi antrian peserta sehingga kerumunan dapat dicegah. Terdapat berbagai fitur yang dapat diakses pada mobile JKN, dan pada penelitian ini difokuskan pada evaluasi pemanfaatan aplikasi untuk informasi ketersediaan tempat tidur dan pendaftaran di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama Fasilitas Kesehatan Tingkat Lanjutan. Diharapkan dengan adanya fitur-fitur tersebut, masyarakat dapat mengakses pelayanan kesehatan lebih mudah dan tidak mengantri terlalu lama di fasilitas kesehatan terlebih di masa pandemi covid 19 saat ini. Penelitian ini penting untuk dilakukan khususnya dimasa pandemi covid 19 penggunaan teknologi digital yang mumpuni sangat dibutuhkan Sehingga dilakukan evaluasi apakah aplikasi Mobile JKN ini benar-benar berfungsi dengan baik dan dapat memudahkan akses peserta JKN terhadap fasilitas kesehatan yang dibutuhkan. Evaluasi pada performa suatu sistem dapat dilakukan dengan dua pengukuran utama, yaitu efektivitas dan efisiensi. Berdasarkan perspektif efisiensi, evaluasi berhubungan dengan diberikan (Oktapiani & Riana, 2. Efektivitas merupakan suatu konsep yang dapat digunakan sebagai sarana dalam mengukur keberhasilan suatu organisasi yang dapat diwujudkan dengan memperhatikan faktor tenaga, resposibilitas, dan akses yang tetap diperhatikan risiko dan suatu keadaan yang dihadapi (Wulandary et al. DeLone McLean mengembangkan suatu model yang disebuty dengan mdel kesuksesan sistem informasi DeLone and McLean (D&M Succes Model. Adapun komponen (System Qualit. , kualitas informasi (Information Qualit. Kualitas Layanan (Service Qualit. Intensi Penggunaan (Intention of Us. Kepuasan Pengguna (User Satisfactio. dan Manfaat Bersih (Net Benefit. (DeLone & McLean. Penelitian yang telah dilakukan secara kuantitaif, ditemukan bahwa intensitas penggunaan dan intensitas penggunaan mempengaruhi kepuasan pengguna (Oktapiani & Riana, 2. Selanjutnya bertujuan untuk mengetahui kualitas sistem, kualitas layanan dan kualitas informasi pada aplikasi mobile JKN dalam upaya meningkatkan akses pelayanan kesehatan bagi peserta JKN. METODE Penelitian penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini bertujuan mendalam bagaimana kualitas aplikasi Mobile JKN untuk meningkatkan akses pelayanan kesehatan bagi peserta JKN. Dalam DeLone McLean, sistem adalah kualitas sistem (System Qualit. , (Information Qualit. Kualitas Layanan (Service Qualit. Intensi Penggunaan (Intention of Us. Kepuasan Pengguna (User Satisfactio. dan Manfaat yang Jurnal Kesehatan Masyarakat & Gizi, e-ISSN: 2655-0849 Vol. 5 No. 1 Edisi Mei-Oktober 2022 https://ejournal. id/index. php/JKG =========================================================================================== Received: 22 Oktober 2022 :: Accepted: 31 Oktober 2022 :: Published: 31 Oktober 2022 dirasakan pengguna. Pada penelitian ini dilakukan analisis terhadap kualitas sistem, kualitas informasi, kualitas layanan aplikasi mobile JKN. Penelitian Kabupaten Gianyar dengan teknik non probability sampling yaitu khususnya purposive sampling. Adapun subjek penelitian yang diikutsertakan dalam penelitian ini adalah 7 orang Peserta JKN yang sudah pernah memanfaatkan aplikasi mobile JKN. Pengambilan kualitasaplikasi Mobile JKN, hambatan dan penyebab hambatan yang terjadi pemecahan masalahnya. penelitian ini. Dari 7 informan, 14% diantaranya adalah laki-laki. Dilihat dari sebaran usia, 71. informan ada di rentang usia 30-40 Sebagian besar pendidikan diploma/sarjana Dilihat pekerjaan informan, terdapat 42. yang merupakan wiraswasta dan pekerja swasta dengan proporsi yang Penelitian aplikasi Mobile JKN diukur berdasarkan kualitas informasi, kualitas sistem, kualitas layanan, manfaat, intensi Berdasarkan katagori kualitas informasi hal yang dinilai terdiri dari kelengkapan informasi dan tampilan Dari wawancara mendalam yang dilakukan, diperoleh hasil bahwa informan menilai kualitas informasi yang ditampilkan pada aplikasi cukup kebutuhan informan dan tampilan dari aplikasi sudah cukup mudah untuk Berikut wawancara yang telah dilakukan sebagai berikut : AuAKalau saya sendiri sih cukup mudah dipahami ya. Kalau untuk kelengkapan informasinya sih sudah lengkap yaa. semua yang saya butuhkan sudah ada (INF. AuAYaa itu yaa aplikasinya sangat memudahkan gitu. apapun bisa kita lakukan lewat aplikasi itu. dibilang aplikasi itu seperti kantor nya BPJS lah. tapi kita gak usah ke kantor untuk urus pindah faskes Ay(INF. Dilihat sistem aplikasi, peneliti mengajukan pertanyaan terkait dengan performa kemungkinan kendala yang terjadi. Sebagian besar informan merasa HASIL Penelitian ini melibatkan 7 orang informan yang merupakan peserta Jaminan Kesehatan Nasional dengan kriteria sudah pernah memanfaatkan aplikasi Mobile JKN dan berasal dari Kabupaten Gianyar. Adapun karakteristik informan dapat dilihat pada tabel 1. Table 1. Karakteristik Informan Penelitian Variabel Jenis Kelamin Laki-laki Perempuan Usia Pendidikan Terakhir SMA Diploma/Sarjana Pekerjaan Wiraswasta Pekerja Swasta Tidak Bekerja Tabel 1 menunjukkan distribusi karakteristik informan yang dalam Jurnal Kesehatan Masyarakat & Gizi, e-ISSN: 2655-0849 Vol. 5 No. 1 Edisi Mei-Oktober 2022 https://ejournal. id/index. php/JKG =========================================================================================== Received: 22 Oktober 2022 :: Accepted: 31 Oktober 2022 :: Published: 31 Oktober 2022 bahwa tidak ada kendala yang berarti dalam penggunaan aplikasi mobile JKN. Terdapat 2 informan yang merasa terganggu dengan keharusan memasukan data berulang kali saat ingin login serta proses update yang kerap terjadi pada aplikasi. Performa kecepatan internet masing-masing pengguna dan selama ada jaringan yang baik, maka aplikasi pun dapat dimanfaatkan dengan lancar. Berikut kutipan hasil wawancara: AuAIyaa. emasukan dat. Jadi kalau saya pas cepet-cepet lagi di faskes yaa menyusahkan sekali ya. kan gak terus inget nomer kartunya. Makanya biar gampang saya screenshoot aja gitu semua kartunya sekarang. (INF. AuAKalau saya sendiri sih yaa dari aplikasinya memang pada saat login itu terus ada pembaharuan. Ay(INF. AuA paling kendalanya sih karena kalo error karena aplikasinya sih nggak ada. Paling ya update. terlalu lama gak dibuka itu tiba-tiba disuruh update. Kalau yang lain sih gak ada. error gitu tiba-tiba nggak Ay (INF. Berdasarkan kesehatan yang diterima oleh informan saat menggunakan aplikasi mobile JKN, informan menyatakan bahwa kualitas layanan sudah baik. Hal tersebut berkaitan dengan banyaknya fitur-fitur yang disediakan pada aplikasi mobile JKN sehingga dapat dimanfaatkan oleh peserta saat membutuhkan layanan Selain itu, tidak ditemukan perbedaan layanan ketika peserta memanfaatkan mobile JKN seperti akses kartu digital, pindah faskes, pindah hak kelas dibandingkan dengan melakukan perubahan secara offline di BPJS Kesehatan. Seluruh kegiatan yang dilakukan di aplikasi JKN dimanfaatkan dengan baik. Berikut kutipan wawancara terhadap informan sebagai berikut : AuApas pindah faskes waktu itu sih bulan depannya udah update sih. sama aja kan kalo ke kantor BPJS juga sebulan kalo gak salah baru update kepindahannya itu. Ay (INF. AuAkalau sekarang ini kan bisa langsung di aplikasi. Lebih efisien waktu juga. lebih simple dan cepet. yaa saya puas sih jadi gak perlu tenaga dan waktu lagi untuk ke kantor kan lumayan jauh jugaAy (INF. AuBagus sih. yang penting kan nomor nya aja ya. nomor di kartu digital kan sama kayak nomer kartu Jadi baguslah jadi lebih Ay(INF. PEMBAHASAN Aplikasi Mobile JKN merupakan suatu inovasi yang diluncurkan oleh BPJS Kesehatan dimanfaatkan oleh peserta Jaminan Kesehatan Nasional memanfaatkan layanan. Aplikasi ini dapat diunduh di Google Playstrore atau Apps Store pada Smart Phone (Suhadi et al. , 2. Aplikasi ini memberikan banyak manfaat bagi peserta, terlebih di masa pandemi Terdapat beberapa fitur yang dapat dimanfaatkan pada aplikasi ini diantaranya adalah merubah data peserta, merubah fasilitas kesehatan, antrian online, mengecek ketersediaan tempat tidur, konsultasi dokter hingga melakukan screening kesehatan. Kualitas bagaimana informasi diberikan secara lengkap, jelas dan akurat serta memberikan tambahan pengetahuan pagi pengguna. Kelengkapan informasi tersebut memiliki daya guna bagi Jurnal Kesehatan Masyarakat & Gizi, e-ISSN: 2655-0849 Vol. 5 No. 1 Edisi Mei-Oktober 2022 https://ejournal. id/index. php/JKG =========================================================================================== Received: 22 Oktober 2022 :: Accepted: 31 Oktober 2022 :: Published: 31 Oktober 2022 dimanfaakan dalam jangka panjang. Kualitas informasi yang ditampilkan pada aplikasi sudah cukup baik sehingga cukup mudah dipahami dan telah memfasilitasi kebutuhan peserta. Kualitas informasi penting untuk diperhatikan karena secara signifikan pengguna dalam hal ini adalah peserta JKN (Khotimah, 2. Mobile JKN merupakan salah satu bentuk e-Health yang diharapkan dapat memberi pemanfaatan layanan program JKN. Mengingat karakteristik masyarakat JKN beragam, sebagai salah satu inovasi e-health yang ditampilkan agar dapat dipahami oleh semua kalangan (Kreps & Neuhauser, 2. Kualitas bagaimana sebuah sistem dapat menghasilkan luaran yang sesuai denga harapan pengguna. Hal yang diperhatikan dalam kualitas sistem keandalan sistem dan keamanan Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa kecepatan akses yang dirasakan oleh peserta tergantung dari Untuk keamanan sistem, pada aplikasi mobile JKN menerapkan sistem keamanan yang baik dengan mewajibkan peserta melakukan log in ulang ketika aplikasi hendak digunakan kembali. Namun hal itu terkadang mengganggu peserta ketika ingin segera membuka aplikasi Keamanan sistem sangat penting untuk menjaga privasi dari setiap pengguna, dimana tidak hanya penggunanya (Sahama et al. , 2. Kualitas layanan yang difasilitasi dalam hal ini adalah pada aplikasi Mobile JKN. Hasil peserta merasa sudah puas akan difasilitasi dengan baik di aplikasi mobile JKN. Hal tersebut tercermin pada banyaknya fitur yang sudah disediakan dan BPJS Kesehatan sudah memastikan aplikasi tersebut memberi Kualitas layanan dapat juga diartikan sebagai hasil dari dengan layanan yang diberikan yang meliputi kenyamanan, empati dan harapan konsumen (Khotimah, 2. Dilihat terhadap aplikasi mobile JKN, ratarata kepuasan informan secara umum adalah 8 . ari rentang 1-. hal tersebut berarti kepuasan peserta cukup baik. KESIMPULAN Berdasarkan hasil penelitian dapat dinyatakan bahwa aplikasi mobile JKN sangat bermanfaat bagi peserta JKN khususnya di masa pandemic covid Penggunaan aplikasi cukup mudah dan memiliki fitur yang lengkap. Setelah diluncurkannya aplikasi mobile JKN, peserta merasa pelayanan yang diterima lebih efektif dan efisien. Namun, masih terdapat banyak fitur Sehingga sosialisasi yang lebih massif agar masyarakat memahami dan dapat Jurnal Kesehatan Masyarakat & Gizi, e-ISSN: 2655-0849 Vol. 5 No. 1 Edisi Mei-Oktober 2022 https://ejournal. id/index. php/JKG =========================================================================================== Received: 22 Oktober 2022 :: Accepted: 31 Oktober 2022 :: Published: 31 Oktober 2022 and Services (Healthcom 2. Healthcom, 249Ae253. Suhadi. Jumakil, & Irma. Aplikasi Mobile JKN Memudahkan Akses Pelayanan BPJS. Jurnal Penelitian Kesehatan SUara Forikes, 13. , 262Ae267. Wulandary. Sudarman. , & Ikhsan. Inovasi Bpjs Kesehatan Dalam Pemberian Layanan Kepada Masyarakat : Aplikasi Mobile Jkn. Jurnal Public Policy, 5. , https://doi. org/10. 35308/jpp. tersedia pada aplikasi mobile JKN. DAFTARPUSTAKA DeLone. , & McLean. The DeLone and McLean model of information systems success: A ten-year Journal Management Information Systems, 19. , 9Ae30. https://doi. org/10. 1080/07421222 Juanita. Implementasi JKN dan Mutu Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Kota Medan (Studi Kasus Di 3 Puskesma. Jurnal Pembangunan Perkotaan, 7. , 1Ae Khotimah, . Pengaruh Kualitas Sistem. Kualitas Layanan danKualitas Informasi Pada APlikasi Mobile JKN terhadap Kepuasan Peserta BPJS Kesehatan di Wilayah Jabodetabek. Jurnal Akuntansi Dan Manajemen Bisnis, 2. , 69Ae76. Kreps. , & Neuhauser. New E-Health Communication: Opportunities And Patient Education and Counseling, 78. , 329Ae336. https://doi. org/10. 1016/j. Nurmalasari. Temesvari. , & Maula. Analisis Sentimen Opini Masyarakat dalam Penggunaan Mobile-JKN untuk Pelayanan BPJS Kesehatan Tahun Indonesian of Health Information Management Journal, 8. , 2655Ae Oktapiani. , & Riana. Kajian Model Kesuksesan Sistem Informasi DeLone & McLean Pada id Di KotaMadya Sukabumi. Swabumi, 4. , 69Ae83. http://ejournal. id/ejurnal/in php/swabumi/article/view/101 7/796 Sahama. Simpson. , & Lane. Security and Privacy in eHealth : Is It Possible ? Ie 15th International Conference on EHealth Networking. Applications